Meta Buat Aplikasi Terdesentralisasi, Jadi Saingannya Twitter?

Meta Buat Aplikasi Terdesentralisasi, Jadi Saingannya Twitter?

Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, mengumumkan bahwa mereka sedang membuat aplikasi konten berbasis teks terpisah yang akan mendukung ActivityPub, protokol jejaring sosial terdesentralisasi yang mendukung Mastodon dan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang bersaing dengan Twitter. Seperti apa aplikasi terdesentralisasi tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Meta Sedang Mengerjakan Platform Baru yang Terdesentralisasi dan Berbasis Teks

Meta Sedang Mengerjakan Platform Baru yang Terdesentralisasi dan Berbasis Teks
Sumber: Cryptopolitan

Menurut Tech Crunch, aplikasi dengan nama kode P92, akan berkorelasi dengan Instagram dan memungkinkan pengguna untuk masuk dengan login kredensial Instagram mereka yang sudah ada.

Tim P92 berencana untuk mengikuti pendekatan “fork” pada versi produk awal, dengan profil pengguna yang diisi dengan rincian akun Instagram mereka, seperti nama pengguna, bio, foto profil dan pengikut.

Menurut penjelasan singkat produk, aplikasi ini akan mematuhi kebijakan privasi perusahaan saat ini, tetapi juga akan memiliki kebijakan privasi tambahan dan persyaratan layanan yang secara khusus membahas berbagi data lintas aplikasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa platform saingan seperti Mastodon, Post.news dan T2 telah meluncurkan atau mendapatkan daya tarik dalam upaya mereka untuk menarik para pengguna.

Baca Juga: Beres Kerja Sama dengan Meta, Petinggi Microsoft Yakin Metaverse Punya Masa Depan!

Apa Saja Fitur-Fitur yang Tersedia di Decentralized App Tersebut?

Apa Saja Fitur-Fitur yang Tersedia di Decentralized App Tersebut?
Sumber: Trend News Agency

Dilansir dari Cointelegraph, rencana saat ini untuk minimum viable product (MVP) adalah untuk memungkinkan pengguna mengirim postingan ke orang-orang di server lain. Akan tetapi masih belum jelas apakah pengguna dapat mengikuti orang di server lain dan melihat apa yang mereka posting.

Versi awal aplikasi ini akan menyertakan fitur-fitur seperti tautan yang dapat diketuk di postingan dengan pratinjau, biodata pengguna, nama pengguna, lencana verifikasi, gambar, dan video yang dapat dibagikan.

Aplikasi ini juga akan memiliki fungsi seperti followers dan likes, tetapi belum pasti apakah fitur komentar dan pesan akan disertakan dalam versi pertama produk ini.

Pasalnya, tim pengembang juga sedang mendiskusikan kemungkinan untuk mengizinkan konten dibagikan ulang atau reshared seperti Twitter, tetapi hanya untuk akun bisnis dan kreator.

Referensi: