Meta Luncurkan Kumpulan Alat Musik AI Generatif, Jadi Saingan Google’s MusicLM?

Meta Luncurkan Kumpulan Alat Musik AI Generatif, Jadi Saingan Google’s MusicLM?

Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, telah meluncurkan kumpulan model kecerdasan buatan (AI) generatif yang disebut AudioCraft. Alat ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks dan menciptakan komposisi musik dan audio, mirip dengan alat yang dirilis oleh Google sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

AudioCraft: Alat Musik AI Generatif Baru dari Meta

ai generatif audiocraft
Sumber: WinBuzzer

Dilansir dari Cointelegraph, AudioCraft terdiri dari tiga model AI generatif Meta: MusicGen, AudioGen, dan EnCodec. MusicGen dan AudioGen menghasilkan suara dari teks, dengan satu menghasilkan musik dan yang lainnya menghasilkan efek suara dan audio spesifik.

EnCodec adalah codec audio yang terdiri dari jaringan saraf yang mengompres audio dan merekonstruksi sinyal input. Sebagai bagian dari pengumuman, Meta merilis versi EnCodec yang paling ditingkatkan yang memungkinkan generasi musik berkualitas tinggi dengan lebih sedikit artefak.

Baca Juga: Meta Alami Kerugian $3.7 Miliar, Mark Zuckerberg Tetap Optimis Terhadap Metaverse

Potensi dan Aplikasi AudioCraft

Meta juga merilis model AudioGen yang telah dilatih sebelumnya, yang memberi pengguna akses untuk menghasilkan suara lingkungan dan efek suara seperti gonggongan anjing atau lantai yang berderit. Selain itu, Meta membagikan bobot dan kode untuk ketiga model open-source ini sehingga peneliti dan praktisi dapat memanfaatkannya untuk melatih model lain.

Meta berbagi dalam rilis bahwa AudioCraft memiliki potensi untuk menjadi jenis instrumen standar baru seperti synthesizer yang pernah menjadi. “Dengan kontrol yang lebih banyak, kami pikir MusicGen bisa berubah menjadi jenis instrumen baru – seperti synthesizer ketika mereka pertama kali muncul,” kata Meta, dikutip dari Cointelegraph, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: Hello Kitty dan MetaGaia Berkolaborasi untuk Pengalaman Metaverse yang Menarik!

Meta vs Google: Persaingan dalam AI Generatif Musik

meta vs google
Sumber: Reuters

Peluncuran ini bukanlah model AI generatif pertama dari jenis ini. Google merilis MusicLM pada Januari, modelnya sendiri yang dapat mengubah teks menjadi musik. Sebuah makalah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa Google juga menggunakan AI untuk merekonstruksi musik dari aktivitas otak manusia.

Peluncuran alat musik AI generatif Meta ini datang segera setelah Google meluncurkan alat serupa yang mengubah teks menjadi musik, yang disebut MusicLM. Ini menunjukkan persaingan yang sedang berlangsung antara raksasa teknologi seperti Meta, Google, dan Microsoft untuk mengembangkan dan menerapkan model AI yang paling kuat.

Dengan peluncuran AudioCraft, Meta telah membuka peluang baru dalam penciptaan musik dan audio menggunakan AI. Dengan berbagai alat yang ditawarkan, baik amatir maupun profesional di industri musik dapat menemukan nilai dalam teknologi ini. Namun, dengan Google juga aktif dalam ruang ini, akan menarik untuk melihat bagaimana persaingan ini berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: