Meta dan Microsoft Luncurkan Llama 2: AI yang Mengubah Dunia Bisnis dan Penelitian!

author:

Meta dan Microsoft Luncurkan Llama 2: AI yang Mengubah Dunia Bisnis dan Penelitian!

Rumor tentang model AI Meta yang berorientasi komersial ternyata benar. Meta dan Microsoft telah bekerja sama untuk meluncurkan Llama 2, model AI generasi berikutnya yang ditujukan untuk tujuan komersial dan penelitian. Kode sumber terbuka yang ditingkatkan ini menempatkan penekanan yang lebih besar pada tanggung jawab.

Llama 2: Model Bahasa AI Generasi Berikutnya

Llama 2, hasil kolaborasi antara Meta dan Microsoft, merupakan model bahasa AI generasi berikutnya yang dirancang khusus untuk tujuan komersial dan penelitian. Model ini menonjol karena penekanannya yang kuat pada aspek tanggung jawab. Dalam proses pengembangannya, tim pengembang melakukan “red-teaming” pada model, yaitu melakukan serangkaian pengujian untuk mengevaluasi tingkat keamanannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa model AI ini dapat beroperasi dengan aman dan efisien dalam berbagai skenario penggunaan.

Baca juga: Susul Google dan Microsoft, Meta akan Merilis Alat AI Komersial!

Selain itu, mereka juga menciptakan skema transparansi yang mendetail untuk mengidentifikasi dan menangani potensi masalah yang mungkin muncul. Skema ini berfungsi sebagai panduan bagi pengguna dalam memahami dan menavigasi berbagai aspek dan fitur dari model AI ini. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna dapat memanfaatkan Llama 2 dengan cara yang paling efektif dan bertanggung jawab.

Untuk mencegah penyalahgunaan, Meta dan Microsoft juga menyertakan panduan penggunaan yang bertanggung jawab dan kebijakan penggunaan yang dapat diterima dalam paket Llama 2. Kebijakan ini dirancang untuk mencegah berbagai bentuk penyalahgunaan, seperti aktivitas kriminal, representasi yang menyesatkan, dan spam. Dengan demikian, Llama 2 tidak hanya merupakan model bahasa AI yang canggih, tetapi juga merupakan model yang bertanggung jawab dan aman untuk digunakan.

Microsoft dan Meta: Kolaborasi untuk Masa Depan AI

meta bekerja sama dengan microsoft
Sumber: OnMSFT

Baru-baru ini, Microsoft dan Meta telah berkolaborasi untuk meluncurkan Llama 2, sebuah model bahasa AI generasi berikutnya yang ditujukan untuk tujuan komersial dan penelitian. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kedua perusahaan tersebut dalam mendorong perkembangan dan demokratisasi AI.

Microsoft, sebagai salah satu pemimpin dalam teknologi cloud, membuat Llama 2 tersedia melalui katalog Azure AI. Ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai alat cloud, seperti penyaringan konten, dan mengintegrasikan Llama 2 ke dalam aplikasi dan layanan mereka.

Selain itu, Llama 2 juga dirancang untuk dapat berjalan langsung pada PC Windows. Ini berarti bahwa pengguna tidak perlu mengandalkan layanan cloud untuk menjalankan model AI ini, memberikan fleksibilitas lebih bagi perusahaan dan peneliti yang ingin menggunakan Llama 2. Selain Microsoft, Llama 2 juga akan tersedia melalui penyedia luar seperti Amazon Web Services dan Hugging Face, menunjukkan komitmen Meta untuk membuat model AI mereka mudah diakses dan digunakan oleh berbagai pihak.

Kolaborasi ini juga menunjukkan bahwa Microsoft tidak hanya berfokus pada OpenAI dalam hal AI generatif. Dengan melibatkan Meta dan model AI mereka, Microsoft menunjukkan bahwa mereka terbuka untuk berbagai inovasi dalam bidang AI dan berkomitmen untuk memberikan pilihan yang lebih luas kepada pelanggan mereka.

Baca juga: Microsoft Gandeng Axelar untuk Memajukan Adopsi Teknologi Blockchain dan AI

Llama 2: Membuka Peluang Baru untuk Bisnis dan Penelitian

Model AI asli ini bersifat open source, tetapi ditujukan secara ketat untuk akademisi dan peneliti. Llama 2 memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan teknologi untuk tujuan mereka sendiri, seperti chatbot dan generator gambar. Idealnya, ini memungkinkan perusahaan mendapatkan manfaat dari pemodelan sambil memberikan cara bagi orang luar untuk memeriksa bias, ketidakakuratan, dan cacat lainnya.

Kode sumber terbuka bukanlah hal baru di dunia AI, namun, pesaing besar seperti GPT-4 OpenAI cenderung dikunci untuk kepentingan pendapatan berlangganan atau lisensi.

Dengan Llama 2, Microsoft menunjukkan bahwa bukan hanya toko OpenAI ketika datang ke AI generatif. Perusahaan tersebut membuat model bahasa AI besar baru Meta, yang disebut Llama 2, tersedia di layanan cloud-computing Azure-nya. Melalui kolaborasi ini, Microsoft memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan bisnisnya, terutama jika mereka tertarik dalam menyesuaikan model untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: