Meta Bantu 10 Kampus Terpilih Bangun Kampus di Metaverse

Meta Bantu 10 Kampus Terpilih Bangun Kampus di Metaverse

Meta, dalam misi untuk mencapai ambisi metaverse-nya, telah setuju untuk membantu 10 universitas dalam meluncurkan kampus berbasis metaverse.

University of Maryland Global Campus (UMGC) adalah salah satu universitas terpilih dengan lebih dari 45.000 mahasiswa online yang akan segera mendapatkan kesempatan mengambil kelas di metaverse.

”Kami belum pernah memiliki kampus sebelumnya dan sekarang kami memiliki kampus kami yang pertama. Ada kolam bebeknya!” ungkap Daniel Mintz, ketua departemen teknologi informasi di UMGC.

Meta Metaverse
(The Quad City Times)

Rencana program ini terdiri atas penawaran hingga lima perkuliahan di kampus metaverse kepada universitas tanpa adanya biaya tambahan. Selain itu, universitas juga akan dilengkapi dengan sejumlah headset yang dibutuhkan untuk mendukung perkuliahan di metaverse.

Baca Juga: BI Rencana Luncurkan Central Bank Digital Currency atau Mata Uang Digital Indonesia

Daftar 9 Universitas yang Tergabung Dalam Proyek Kampus Metaverse

Sementara itu, sembilan institusi lain yang menjadi bagian dalam proyek ini, diantaranya adalah:

  1. University of Kansas School of Nursing
  2. New Mexico State University
  3. South Dakota State University
  4. Florida A&M University
  5. West Virginia University
  6. Southwestern Oregon Community College
  7. California State University
  8. Dominguez Hills
  9. Universitas A&M Alabama.

Meta Siapkan Fasilitas Pembelajaran Immersive Metaverse

Ikut terlibat dalam proyek ini, perusahaan raksasa teknologi Meta juga menyumbangkan headset Meta Quest-nya ke berbagai universitas yang disebutkan di atas untuk digunakan mahasiswa selama perkuliahan.

Salah satu tujuan Meta dengan proyek pembelajaran immersive adalah untuk meningkatkan akses mahasiswa ke teknologi ini dengan bekerja sama dengan berbagai organisasi dan universitas.

Meta Metaverse
(VRScout)

Meta telah menginvestasikan $150 juta untuk mengirimkan headset ke universitas dan organisasi ini dalam kemitraan dengan Victoryxr, perusahaan yang merancang kampus metaverse.

Steve Grubbs, pendiri Victoryxr, menyatakan bahwa pendidikan adalah salah satu kasus penggunaan yang menarik untuk metaverse dan Meta Immersive Learning akan membantu pembuat konten di seluruh dunia memperoleh keterampilan untuk metaverse dan menciptakan pengalaman yang mendalam bagi para pelajar.

Referensi:

Isa Muhammad. Meta is Helping 10 Universities To Open Metaverse Campuses. Diakses tanggal: 21-09-22

David Thomas. Meta Rolls out Immersive Learning to Select Universities as Part of Metaverse Push. Diakses tanggal: 21-09-22

Sohini Bagchi. Meta to open 10 virtual campuses as part of metaverse push. Diakses tanggal: 21-09-22