Lionel Messi Dukung Startup Game Sepak Bola Web3, Kasih Uang Rp324 Miliar?

author:

Lionel Messi Dukung Startup Game Sepak Bola Web3, Kasih Uang Rp324 Miliar?

Tidak diragukan lagi, taktik permainan Lionel Messi di atas lapangan sepak bola tak tertandingi, dan kini Messi dikabarkan tengah mencoba kemampuannya di dunia startup.

Setelah sang mega bintang sepak bola, Messi, menjadi investor NFT sekaligus brand ambassador sebuah game NFT, Sorare, pada akhir tahun 2022 lalu, baru-baru ini perusahan Play Time milik Messi dilaporkan telah mendukung sebuah perusahaan startup game Web3, bernama Matchday.

Penasaran bagaimana bentuk dukungan Messi terhadap perusahaan tersebut? Simak jawabannya di bawah ini!

Perusahaan Modal Milik Messi Dukung Matchday

Perusahaan Modal Milik Messi Dukung Matchday
Sumber: Mint

Dilansir dari Decrypt (9/3/23), Matchday, sebuah perusahaan startup game Web3 yang berfokus pada sepak bola, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan pendanaan awal sebesar $21 juta atau Rp324 miliar untuk mengembangkan serangkaian game.

Menariknya, pengumpulan dana ini diketahui mendapatkan dukungan dari perusahaan modal ventura milik pemain sepak bola legendaris tim Argentina, Lionel Messi. Tidak sendiri, perusahaan Play Time milik Messi mendukung startup ini bersama Courtside Ventures, Greylock, HackVC, Capricorn Investment Group, dan Horizons Ventures, yang turut berpartisipasi dalam pendanaan tersebut.

Sementara itu, bintang sepak bola tim Spanyol, Alexia Putellas, juga ikut bergabung sebagai duta global pendiri Matchday.

Baca juga: Nyusul Messi dan Ronaldo, Kini Captain Tsubasa Main di Web3 dan Rilis NFT!

Matchday Mencoba Perluas Pasarnya

Matchday Mencoba Perluas Pasarnya
Sumber: Tech In Asia

Bukan hal yang baru, legenda sepak bola yang kini bermain untuk tim profesional Paris Saint-Germain F.C. ini tercatat telah membuat sejumlah pergerakan di dunia NFT.

CEO dari Matchday, Derrick Ko, menjelaskan bahwa game yang nantinya dirilis akan dioptimalkan untuk memperluas pasar di luar dunia sepak bola, atau untuk pengguna “kasual”, seseorang yang tidak begitu pro dalam dunia sepak bola.

Ko mengatakan, ”Kami sedang membangun game untuk audiens yang belum tersentuh dalam komunitas sepak bola.”

Sementara itu, Chief Gaming Officer Matchday, Sebastien de Halleux, yang sebelumnya menjabat sebagai eksekutif di penerbit game besar Electronic Arts (EA), berkomentar dalam sebuah pernyataan

“Game kami akan dapat diakses oleh semua pemain, dan berpusat pada kepemilikan item digital yang sebenarnya yang akan menjadi kebanggaan bagi semua pemain,”

Sebelumnya, Matchday telah merilis mini-game dengan waktu terbatas selama Piala Dunia FIFA 2022, dan membagikan 2 juta kartu pemain NFT kepada sekitar 600.000 pengguna.

Di sisi lain, raksasa sepak bola, Sorare, juga telah mengambil langkah besar ke dalam Web3. Decrypt mencatat bahwa Sorare berhasil mengumpulkan $680 juta dengan valuasi $4,3 miliar pada tahun 2021 dan telah mengumpulkan ratusan lisensi tim dan liga sambil juga berekspansi ke olahraga lain.

Dan yang paling terbaru, pada akhir Januari 2023 lalu, pertandingan Liga Inggris juga telah melebarkan perjalanan Web3-nya dengan memperluas penawaran NFT bersama Sorare. Baca selengkapnya di Bisa Buat Tim Sepak Bola Bertabur Bintang, Liga Premier Inggris Perluas Penawaran NFT-nya.


Referensi: