Revolusi Baru di Dunia Bitcoin, Ordinals Luncurkan Mesin Musik dalam Blockchain!

Revolusi Baru di Dunia Bitcoin, Ordinals Luncurkan Mesin Musik dalam Blockchain!

Inovasi baru dalam dunia Bitcoin telah hadir, dengan adanya “Descent Into Darkness Music Engine” yang telah ditulis langsung ke dalam blockchain Bitcoin. Sebelum adanya teknologi Ordinals, hal ini tampaknya tidak mungkin terjadi.

Namun, selama akhir pekan, Ordinals telah berhasil menginspirasi seorang pengguna untuk memasukkan mesin musik sepenuhnya ke dalam blockchain Bitcoin. Seperti apa mesin musik tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Descent Into Darkness Music Engine: Musisi Blockchain Bitcoin

Descent Into Darkness Music Engine
Sumber: Akun Twitter Ord.io

Menurut Decrypt, “Descent Into Darkness Music Engine” diukir ke dalam blockchain Bitcoin pada hari Sabtu, 1 Juli 2023 dengan 10 edisi dicetak dan dijual sebagai Ordinals individu. Dengan memasukkan beberapa kata kunci. Siapa pun, bukan hanya pemilik setiap inskripsi, dapat langsung menghasilkan trek musik.

Mesin musik ini dibuat oleh pengembang indie bernama Ratoshi, yang dirancang sebagai pendamping untuk RPG berbasis teksnya, Descent into Darkness. Suara yang dihasilkan memiliki nuansa “chiptune” retro. Ratoshi mengungkapkan kepada Decrypt bahwa mereka menggunakan ChatGPT dari OpenAI untuk membantu mengembangkan suara yang akhirnya digunakan dalam aplikasi on-chain.

Baca Juga: Pendirinya Mundur, Inskripsi Bitcoin Ordinals Melampaui 10 Juta!

Inovasi Inscription Rekursif

inscription rekursif
Sumber: Akun Twitter Leonidas

Mesin musik berbasis Bitcoin ini memanfaatkan inovasi baru dalam komunitas Ordinals yang dikenal sebagai “inscriptions rekursif”. Dengan inscriptions rekursif, Ordinals dapat “memanggil” data dari aset yang sudah diinscripsi di blockchain, mirip dengan komposabilitas protokol Ethereum saat pengembang mengarahkan smart contracts ke tujuan yang berbeda.

Hal ini memungkinkan pengembang Ordinals untuk mengatasi keterbatasan penyimpanan blok 4MB dari Bitcoin inscriptions, yang jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan untuk proyek video game modern, serta aplikasi skala besar lainnya.

Baca Juga: Bitcoin Ordinals Diyakini Berdampak Baik untuk BTC, Apa Alasannya?

Potensi Hemat Biaya dan Inovasi yang Lebih Luas

Efisiensi penyimpanan ini secara drastis mengurangi biaya inskripsi proyek on-chain ke Bitcoin seiring waktu, memungkinkan pengembang untuk meningkatkan data inskripsi pada lapisan blockchain dasar tanpa bergantung pada solusi layer-2.

Ratoshi menjelaskan bahwa berkat inskripsi rekursif, ia hanya perlu meng-inskripsi kode sekali. Inskripsi berikutnya adalah file HTML yang lebih kecil yang dapat menggunakan kembali file JavaScript yang sudah diinscripsi sebelumnya untuk proyek masa depan. Ini berpotensi menghasilkan penghematan besar dalam memasukkan media dan aplikasi ke blockchain Bitcoin.

Terobosan inovasi dari Ordinals telah membuka kemungkinan baru dalam memanfaatkan blockchain Bitcoin. Dengan kemampuan untuk menulis berbagai jenis data langsung ke blockchain, komunitas Ordinals telah menciptakan ekonomi baru dalam perdagangan aset mirip NFT di Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: