Mercedes-Benz Masukkan Teknologi AI ChatGPT ke dalam Mobil, Bakal Seperti Apa?

author:

Mercedes-Benz Masukkan Teknologi AI ChatGPT ke dalam Mobil, Bakal Seperti Apa?

Mercedes-Benz, produsen mobil mewah asal Jerman, mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan ChatGPT, chatbot dari OpenAI, ke mobil mereka melalui program beta untuk fitur Mercedes-Benz User Experience (MBUX) di kendaraan mereka. Dengan ini, perintah suara berbasis AI dan fungsionalitas tambahan akan menjadi bagian dari pengalaman mengemudi Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz Mengintegrasi AI ChatGPT

mercedes-benz integrasikan ai chatgpt
Money Control

Pemilik Mercedes-Benz di Amerika Serikat kini memiliki kesempatan menarik untuk menambahkan ChatGPT ke kendaraan mereka. Model bahasa yang sangat serbaguna dan berbasis percakapan ini dikembangkan oleh OpenAI dan dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan percakapan dari sistem infotainment MBUX.

Mulai dari 16 Juni 2023, pemilik model Mercedes-Benz yang dilengkapi dengan MBUX dapat mendaftar dalam program beta untuk mengaktifkan fungsi ChatGPT hanya dengan mengatakan, “Hey Mercedes, saya ingin bergabung dengan program beta.”

“Asisten suara memungkinkan pengemudi mengubah suhu di dalam mobil, memutar musik, atau mengatur navigasi,” kata perwakilan tim Mercedes-Benz tersebut, seraya menambahkan bahwa perintah hanya dapat dilakukan di dalam mobil.

ChatGPT dikenal karena kemampuannya untuk berinteraksi dalam percakapan yang mirip dengan manusia pada berbagai topik, bahkan menciptakan informasi baru untuk menjaga aliran percakapan. Dengan implementasi kemampuan seperti ini dalam lingkungan otomotif, Mercedes-Benz menampilkan aplikasi potensialnya sebagai peningkatan yang menarik.

Baca juga: Bybit Luncurkan ToolsGPT yang Diintegrasikan dari ChatGPT, Apa Manfaatnya?

Isabel Meurer, manajer komunikasi perusahaan untuk Mercedes-Benz Operating System (MB.OS) dan produk mobil serta digital yang terhubung, mengatakan kepada Decrypt bahwa ChatGPT merupakan “penawaran yang paling matang” di antara model-model bahasa yang besar saat ini.

“AI generatif, dan khususnya model bahasa besar, menunjukkan potensi yang sangat besar dalam pemrosesan dan pembuatan bahasa alami. Mercedes-Benz mengejar tujuan untuk membuat asisten suara MBUX yang sudah terkemuka menjadi lebih alami dan adaptif dengan memungkinkan variasi lebih lanjut dalam output suara.”

Kontroversi dan Debat Privasi

Meski terasa canggih, integrasi model bahasa AI canggih seperti ChatGPT ke dalam sistem infotainment menimbulkan kekhawatiran, terutama mengenai privasi. Mercedes-Benz menekankan komitmennya terhadap perlindungan data pengguna tetapi mengakui bahwa mereka menyimpan dan menggunakan percakapan pengguna.

Selain itu, kekhawatiran yang meluas atas keamanan dan efektivitas alat AI dapat menyebabkan kekhawatiran di antara beberapa pemilik Benz.

Bagi para pengemudi Mercedes-Benz yang tidak nyaman dengan ChatGPT di mobil mereka, perusahaan mengatakan bahwa perlindungan data adalah prioritas utama. ChatGPT akan beroperasi di dalam “cloud yang terkendali,” karena produsen mobil memantau potensi risiko dan cara-cara untuk meningkatkan sistem.

Mercedes-Benz dan Masa Depan Kendaraan AI

Integrasi Mercedes-Benz dari ChatGPT ke sistem infotainment MBUX mereka mencerminkan tonggak penting dalam pengejaran industri otomotif terhadap kecerdasan buatan. Ini menunjukkan potensi AI untuk mengubah tidak hanya pengalaman mengemudi kita tetapi juga interaksi keseluruhan kita dengan kendaraan.

“Integrasi ChatGPT dengan Microsoft di lingkungan cloud terkontrol kami merupakan tonggak penting dalam perjalanan kami untuk menjadikan mobil kami sebagai pusat kehidupan digital pelanggan kami.Semuanya berada di bawah satu tujuan besar: Mendefinisikan ulang hubungan dengan Mercedes Anda.” kata Markus Schäfer, Mercedes-Benz Group CTO, dalam sebuah pernyataan.

Dengan memungkinkan pemilik Mercedes-Benz untuk berinteraksi dengan kendaraan mereka dan menerima respon yang komprehensif, ChatGPT membawa tingkat kemewahan dan kenyamanan baru.

Selain Mercedes-Benz yang mengintegrasikan teknologi AI dari ChatGPT, baru-baru ini perusahaan besar dan populer di dunia, Meta, mengumumkan peluncuran Voicebox AI yang canggih. Simak selengkapnya di Meta Luncurkan ‘Voicebox’, AI yang Mengubah Dunia Text-to-Speech.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: