Transformasi E-Commerce: Mercari Jepang Mengadopsi Bitcoin Sebagai Opsi Pembayaran!

author:

Transformasi E-Commerce: Mercari Jepang Mengadopsi Bitcoin Sebagai Opsi Pembayaran!

Sebuah terobosan di industri e-commerce telah terjadi di Jepang, dengan Mercari, perusahaan e-commerce terdepan, mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan Bitcoin sebagai metode pembayaran yang sah mulai Juni yang akan datang.

Inisiatif ini diharapkan akan mempercepat penerimaan cryptocurrency di Jepang, sebuah negara yang sudah terkenal dengan sikapnya yang progresif terhadap teknologi keuangan digital.

Kemitraan Strategis Antara Mercari dan Bitcoin

Sebagai salah satu platform e-commerce yang paling inovatif di Jepang, Mercari bersiap untuk mengubah dinamika pasar dengan memperkenalkan Bitcoin sebagai salah satu pilihan pembayaran.

Baca juga: Tesla Kembali Terima Bitcoin? Penggunaan Energi Bersih Bitcoin Melampaui 50%!

Dengan inisiatif baru ini, pengguna aplikasi Mercari akan dapat melakukan pembelian menggunakan Bitcoin mulai bulan Juni. Proses transaksi ini akan didukung oleh Melcoin, sebuah entitas yang berada di bawah naungan Mercari dan beroperasi di Tokyo.

Mercari telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan dengan 22 juta pengguna aktif setiap bulannya dan keuntungan sebesar ¥2,8 miliar (sekitar $19,4 juta) pada kuartal ketiga tahun 2023. Dengan memperkenalkan Bitcoin sebagai salah satu pilihan pembayaran, Mercari tidak hanya memperluas opsi bagi pelanggannya tetapi juga berkontribusi pada peningkatan penerimaan cryptocurrency di Jepang.

Mercoin: Penghubung Transaksi Crypto

mercoin
Sumber: Mercari

Mercoin, yang merupakan anak perusahaan dari Mercari, akan bertindak sebagai mediator dalam transaksi Bitcoin. Meskipun harga akan tetap ditampilkan dalam yen Jepang, pembeli akan diberikan pilihan untuk melakukan pembayaran dengan Bitcoin.

Para penjual akan menerima uang dalam bentuk mata uang fiat, karena Mercoin akan bertugas mengubah Bitcoin menjadi yen secara instan. Mercari juga telah memperkenalkan layanan pertukaran Bitcoin mereka sendiri, yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin dengan menggunakan hasil penjualan mereka di platform.

Langkah ini menegaskan komitmen Mercari untuk mengintegrasikan cryptocurrency ke dalam ekosistem mereka, termasuk program loyalitas yang berbasis cryptocurrency.

Baca juga: Ikuti Jejak MicroStrategy, Penjual Karpet Online Flooring Hut Mulai Adopsi Bitcoin!

Perkembangan Crypto di Jepang: Mercari Menjadi Pelopor

pajak crypto jepang
Sumber: Crypto News

Jepang telah lama dikenal sebagai negara yang mendukung perkembangan cryptocurrency, dengan regulasi yang memudahkan perusahaan untuk beroperasi dan menawarkan layanan crypto.

Mercari bukanlah satu-satunya perusahaan e-commerce yang mendukung crypto; Rakuten, misalnya, telah memungkinkan pengguna untuk menukar poin loyalitas mereka dengan cryptocurrency dan juga telah mengembangkan platform untuk non-fungible token (NFT).

Dengan langkah yang diambil oleh Mercari, diharapkan akan memperkuat posisi Jepang sebagai salah satu negara pemimpin dalam penerimaan cryptocurrency di Asia. Dengan basis pengguna yang besar dan pertumbuhan yang konsisten, Mercari berpotensi menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam mengintegrasikan cryptocurrency ke dalam operasional mereka.

Pada akhirnya, dengan mengadopsi Bitcoin sebagai salah satu metode pembayarannya, Mercari telah memulai era baru dalam dunia e-commerce. Langkah ini tidak hanya merupakan perkembangan yang signifikan bagi Mercari sendiri, tetapi juga bagi industri cryptocurrency secara umum, menandakan masa depan di mana cryptocurrency dan e-commerce dapat berkembang bersama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: