Waspada! Janet Yellen Ungkap Bahaya Crypto Bagi Sistem Keuangan AS

Waspada! Janet Yellen Ungkap Bahaya Crypto Bagi Sistem Keuangan AS

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen, akan menyampaikan kepada Kongres bahwa industri crypto menimbulkan sejumlah potensi bahaya bagi sistem keuangan, termasuk bahaya stablecoin, gejolak pada platform crypto, dan harga yang tidak stabil.

Yellen akan hadir di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR untuk menjelaskan pekerjaan terbaru dari Financial Stability Oversight Council (FSOC), sebuah kelompok kepala badan keuangan AS yang dipimpinnya.

Dewan tersebut telah memberikan perhatian khusus pada risiko crypto dalam beberapa tahun terakhir, menempatkannya di antara kategori teratas potensi kekhawatiran. Yellen menekankan perlunya menegakkan aturan dan regulasi yang berlaku dan menyerukan Kongres untuk meloloskan undang-undang untuk mengatur stablecoin dan pasar spot untuk aset crypto yang bukan sekuritas.

Meskipun tidak mengungkapkan inisiatif baru, dimasukkannya aset digital oleh Yellen sebagai isu utama membuat sektor crypto tetap menjadi sorotan dalam perhatian keuangan pemerintah AS.

Bahaya Stablecoin

Stablecoin adalah mata uang crypto yang dirancang untuk mempertahankan nilai yang stabil, biasanya dipatok dengan mata uang fiat seperti dolar AS. Namun, Yellen memperingatkan bahwa stablecoin dapat menimbulkan risiko bagi sistem keuangan jika tidak diatur dengan baik.

Baca Juga: Rollercoin: Mainkan Game, Tambang Crypto, Raih Cuan!

Dia mengutip potensi risiko penebusan massal (run) pada stablecoin, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan pasar dan mempengaruhi kepercayaan pada mata uang crypto secara keseluruhan. Yellen juga menyoroti kurangnya transparansi dalam beberapa stablecoin, yang dapat membuat sulit bagi investor untuk memahami risiko yang terlibat.

Gejolak Platform Crypto

Janet Yellen: Tidak Ada Alternatif yang Dapat Menggantikan Dominasi Dolar AS!
Sumber: Watcher Guru

Platform crypto adalah platform online yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan mata uang crypto. Yellen menyoroti risiko gejolak pada platform crypto, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi investor crypto.

Dia mengutip contoh kegagalan beberapa platform crypto baru-baru ini, yang mengakibatkan hilangnya dana investor. Yellen juga menyoroti kurangnya regulasi crypto yang memadai untuk platform crypto, yang dapat membuat investor rentan terhadap penipuan dan manipulasi pasar crypto.

Harga Crypto yang Tidak Stabil

Harga mata uang crypto dikenal sangat fluktuatif, yang dapat menimbulkan risiko bagi investor dan sistem keuangan secara keseluruhan. Yellen memperingatkan bahwa volatilitas harga crypto dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi investor dan dapat mempengaruhi kepercayaan pada sistem keuangan secara keseluruhan.

Dia juga menyoroti potensi penggunaan mata uang crypto untuk kegiatan ilegal, seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Penutup

Yellen menekankan perlunya tindakan regulasi yang komprehensif untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh industri crypto. Dia menyerukan Kongres untuk meloloskan undang-undang untuk mengatur stablecoin dan pasar spot untuk aset crypto yang bukan sekuritas.

Yellen juga menekankan perlunya menegakkan aturan dan regulasi yang berlaku untuk melindungi investor dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

Baca Juga: Pengguna Aktif Dompet Kripto Phantom Tembus 3,2 Juta, Apa Rahasianya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi