Mengenal Hedera Hashgraph ($HBAR): Revolusi Baru dalam Dunia Crypto!

author:

Mengenal Hedera Hashgraph ($HBAR): Revolusi Baru dalam Dunia Crypto!

Jakarta, Pintu News – Dalam era digitalisasi yang pesat, Hedera Hashgraph muncul sebagai inovasi terkini di dunia crypto, menawarkan teknologi revolusioner untuk transaksi yang lebih cepat dan aman.

Platform ini membawa solusi efisien untuk tantangan yang dihadapi oleh sistem blockchain tradisional, memperluas aplikasinya ke berbagai sektor industri.

Apa itu Hedera Hashgraph?

Hedera Hashgraph adalah blockchain “publik-terizinkan” yang bertujuan untuk menyediakan throughput tinggi, pengurutan yang adil, dan konsensus dengan latensi rendah dalam pemrosesan transaksi.

Baca juga: Hedera (HBAR) Bergabung dengan UKCBC Bersama Ripple dan Coinbase!

Sebagai buku besar publik yang terizinkan, siapa saja dapat menerapkan aplikasi ke dalam jaringan, tetapi hanya node yang diundang yang dapat berpartisipasi dalam konsensus jaringan.

Hedera adalah jaringan Proof-of-Stake (PoS) yang didukung oleh Hashgraph Consensus Algorithm, sebuah protokol asynchronous Byzantine Fault Tolerance (aBFT). Mekanisme PoS jaringan ini memerlukan node konsensus untuk melakukan staking HBAR, token asli jaringan, untuk berpartisipasi dalam konsensusnya.

Selanjutnya, pengaruh node dalam proses konsensus jaringan berbanding lurus dengan jumlah HBAR yang mereka staking. Ini termasuk HBAR yang di-staking oleh proxy dari akun non-node (mirip dengan staking terdelegasi) terhadap node konsensus. Sebuah transaksi dianggap valid ketika node konsensus telah mengonfirmasinya dengan agregat dua pertiga dari HBAR yang di-staking.

Tokenomics $HBAR

prediksi harga hbar 2023

$HBAR adalah mata uang crypto tujuan umum dan token utilitas jaringan Hedera. Secara khusus, HBAR digunakan di jaringan untuk membayar biaya transaksi.

Tidak hanya itu, token $HBAR juga dipertaruhkan ke node jaringan untuk menyediakan sistem pemungutan suara berbobot untuk memvalidasi transaksi.

Adapun distribusi token $HBAR mencakup 32,41% dialokasikan ke Hedera Pre-Minted Treasury, 4,44% dialokasikan untuk Karyawan, 17,4% dialokasikan untuk SAFTS, Perjanjian Pembelian.
Lebih lanjut, 23,99% dialokasikan untuk Pengembangan Ekosistem, 7,96% dialokasikan untuk Swirlds, dan 7,96% sisanya dialokasikan untuk Pendiri, menurut laman CoinGecko.

Baca juga: Ontology (ONT) Crypto: Platform Revolusioner yang Mengubah Cara Berinteraksi dengan Teknologi!

Keunikan Hedera Hashgraph

Salah satu ciri khas Hedera Hashgraph adalah kemampuannya untuk menangani volume transaksi yang sangat tinggi dengan latensi rendah.

Platform ini dapat mengolah ribuan transaksi per detik, sebuah peningkatan signifikan dari teknologi blockchain konvensional yang sering kali terhambat oleh kecepatan yang lebih rendah dan skalabilitas yang terbatas.

Selain itu, Hedera dikendalikan oleh sekelompok perusahaan terkemuka dunia yang membentuk Dewan Pemerintahan Hedera. Dewan ini tidak hanya menjamin stabilitas dan keamanan platform tetapi juga mendorong adopsi teknologi ini di berbagai industri, mulai dari keuangan hingga kesehatan, dengan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang ketat dan standar industri.

Secara keseluruhan, Hedera Hashgraph terus mengukir jejaknya sebagai platform revolusioner yang menawarkan solusi unik untuk limitasi yang ada pada blockchain tradisional.

Dengan kemampuannya yang superior dalam hal kecepatan, skalabilitas, dan efisiensi energi, Hedera Hashgraph tidak hanya menjanjikan perubahan besar dalam cara kita mengelola data dan transaksi digital tetapi juga membuka jalan untuk adopsi teknologi crypto yang lebih luas di berbagai sektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Facts.Net