Mengenal ENA Coin: Apa itu Ethena Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

author:

Mengenal ENA Coin: Apa itu Ethena Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jakarta, Pintu News – Dalam dunia keuangan digital yang terus berkembang, Ethena ($ENA) crypto muncul sebagai inovasi terbaru yang menjanjikan transformasi besar.

Dengan pendekatan uniknya terhadap mata uang digital dan obligasi internet, Ethena siap mengubah cara kamu berinteraksi dengan ekosistem crypto.

Mari kita selami lebih dalam tentang apa itu Ethena crypto, ENA Coin, dan cara kerjanya.

Mengenal Ethena ($ENA) Crypto

Ethena adalah protokol mata uang sintetis yang dikembangkan di platform Ethereum, menawarkan alternatif investasi cryptocurrency yang beroperasi secara independen dari sistem perbankan tradisional.

Baca juga: Arthur Hayes Ramalkan Ethena Crypto ($ENA) akan Mencapai $10!

Tujuannya adalah untuk menyediakan opsi tabungan berdenominasi dolar berbasis blockchain bagi investor crypto, yang dikenal sebagai “Internet Bond”.

Aset sintetis utama protokol ini, USDe, dirancang untuk mempertahankan peg 1-ke-1 dengan dolar AS dengan menyetor Ethereum untuk durasi tertentu.

“Internet Bond” bertujuan untuk memanfaatkan pengembalian dari Ethereum yang distaking dan keuntungan dari penyelesaian pasar berjangka dan abadi untuk menetapkan obligasi crypto ‘on-chain’ sebagai alat tabungan berdenominasi dolar bagi pengguna di yurisdiksi yang diizinkan.

ENA Coin dan Fungsinya

Baru-baru ini, Ethena memperkenalkan token asli mereka, $ENA.

Tujuan utama dari $ENA coin ini adalah untuk memungkinkan pemegangnya berpartisipasi dalam pemungutan suara tata kelola yang berkaitan dengan protokol. Ini mencakup keputusan tentang manajemen risiko, kemitraan DEX, paparan kolateral USDe, dan lainnya.

Ethena membuat debutnya sebagai proyek ke-50 di Binance Launchpool pada 29 Maret 2024, dengan niat untuk melisting $ENA pada 2 April, di berbagai pasangan perdagangan.

Lebih lanjut, Bybit Launchpool juga menyambut $ENA coin untuk pengenalan dan listing masa depannya.

Baca juga: Ethena Labs Berintegrasi dengan Injective untuk Memperluas Ekosistem Ethereum!

Cara Kerja Ethena Crypto

USDe adalah komponen kunci dari Protokol Ethena. Peg 1/1-nya terhadap Dolar AS sepenuhnya didukung oleh ETH, yang distaking oleh pengguna sebagai jaminan.

Namun, seperti mata uang crypto lainnya, ETH tunduk pada volatilitas. Jadi, penurunan tiba-tiba dalam harga ETH menimbulkan risiko bagi USDe, mirip dengan apa yang terjadi dengan UST di ekosistem Luna.

Mengandalkan ETH saja untuk kolateral tidak cukup, oleh karena itu Ethena Labs menerapkan hedging delta. Strategi ini melibatkan pengambilan posisi short dalam ETH atau derivatif terkait ETH, yang mengkompensasi kerugian dalam nilai ETH, sehingga mempertahankan peg USDe.

Dengan membuka posisi short 1:1 terhadap kolateral ETH tanpa leverage, Ethena meningkatkan keandalan protokolnya. Tujuan dari hedging delta adalah untuk mencapai netralitas delta, menjaga nilai portofolio perusahaan tetap stabil meskipun terjadi perubahan kecil dalam harga ETH.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Cryptonomist