Mengenal Do Kwon, Sosok Penting di Balik Terra Luna

Mengenal Do Kwon, Sosok Penting di Balik Terra Luna

Do Kwon atau Kwon Do-Hyung adalah salah satu developer kripto terkenal dan merupakan orang berpengaruh di industri kripto. Kwon dikenal sebagai salah satu pendiri dan CEO Terraform Labs yang berbasis di Singapura.

Perusahaan ini menawarkan berbagai inovasi teknologi mulai dari Terra Blockchain, stablecoin TerraUSD (UST), dan token jaringan Terra (LUNA).

Biografi Singkat Do Kwon

Kwon adalah pria kelahiran Korea Selatan yang lahir pada 6 September 1991. Ia adalah lulusan Universitas Stanford yang berspesialisasi dalam ilmu komputer dengan penguasaan dalam berbagai bahasa pemrograman termasuk C++, Java, dan Python.

Perjalanan Karir Do Kwon

Sumber: Jumpstart Magazine

Berikut adalah beberapa perjalanan karir yang pernah dilalui oleh Kwon:

  1. Sebelum mempelajari kripto melalui Terraform Labs, Kwon adalah pendiri dan CEO Anyfi, sebuah perusahaan telekomunikasi yang berfokus pada pembangunan solusi konektivitas peer-to-peer untuk komunikasi jarak jauh.
  2. Kwon juga sempat bekerja sebagai insinyur perangkat lunak untuk raksasa teknologi Microsoft dan Apple.
  3. Tak hanya itu, Kwon juga dikenal melakukan beberapa investasi pribadi jutaan dolar di perusahaan crypto-centric seperti Flint, Iron Fish, pSTAKE, dan Ape Board.

Baca Juga: Film Dokumenter Ethereum Gaet Vitalik Buterin dan Cari Dana 750 ETH

Keterlibatan Kwon di dunia blockchain meluas ke proyek crypto populer lainnya seperti Anchor Protocol dan Mirror Protocol. Pada tahun 2019, Kwon masuk ke dalam daftar “30 Under 30” Forbes sebagai top leader dalam kategori keuangan dan modal ventura.

Mengenal Terra (Luna), Aset Crypto yang Dikembangkan Do Kwon

Sumber: Kumparan

Terra adalah protokol Blockchain yang didirikan oleh Daniel Shin dan Do Kwon pada Januari 2018. Sementara pengembangan dimulai pada Januari, mainnet-nya resmi diluncurkan pada April 2019.

Kekayaan Do Kwon

Perkiraan pasti kekayaan bersih Kwon tidak diketahui oleh masyarakat umum. Setelah insiden yang terjadi di Terra Luna, Kwon mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa ia kehilangan hampir semua kekayaan bersihnya dalam insiden tersebut.

Dia menambahkan bahwa kehilangan itu tidak mengganggunya karena dia menjalani “frugal living.” Pada kesempatan lain, Bloomberg melaporkan bahwa Kwon mengatakan bahwa “dia mungkin seorang miliarder ketika token Luna yang didukung Terraform Labs diperdagangkan mendekati $100.”

Referensi:

John Jabulani, Do Kwon Wiki: Biography, Age, Net Worth, Wife, Terra Luna, Family & Background. Diakses tanggal: 20-09-22

Daniel Kuhn, Most Influential 2021: Do Kwon. Diakses tanggal: 20-09-22

Marco Quiroz-Gutierrez, Who is Do Kwon, the ‘lunatic’ who created a $60 billion cryptocurrency that collapsed in days?. Diakses tanggal: 20-09-22