Dulunya Koki McD, Ini Sosok CEO Binance yang Kini Jadi Miliarder!

Dulunya Koki McD, Ini Sosok CEO Binance yang Kini Jadi Miliarder!

Changpeng Zhao yang juga dikenal sebagai CZ, meluncurkan Binance pada Juli 2017 dan sejak saat itu, ia mengembangkan Binance menjadi exchange cryptocurrency terbesar di dunia untuk investor ritel. Hal itu merupakan perjalanan yang jauh bagi CZ. Siapa sangka bahwa CZ yang dulu pernah bekerja di McDonald untuk membantu menghidupi keluarganya ketika ia duduk di bangku universitas. Selain memimpin Binance, CZ juga telah menjadi tokoh media sosial dengan merek dagangnya ‘funds are safu’ yang telah diluncurkan ke dalam hall of fame crypto-meme.

Ingin tahu lebih tentang CZ? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kisah Changpeng Zhao: From Zero to Crypto Crazy Rich

Kisah Changpeng Zhao: From Zero to Crypto Crazy Rich
coindesk.com

Changpeng Zhao (CZ) adalah seorang eksekutif bisnis Chinese-Canadian, yang merupakan CEO dan founder Binance, exchange cryptocurrency terbesar di dunia. CZ lahir di provinsi Jiangsu, Tiongkok. Pada akhir 1980-an, ia pindah bersama keluarganya ke Vancouver, British Columbia, Kanada, dan saat ini CZ bertempat tinggal di Singapura. Ayahnya adalah seorang profesor di Tiongkok, tepat sebelum ia dicap sebagai ‘pro-bourgeois intellect’ dan diasingkan dari negaranya.

Sementara itu, CZ menempuh pendidikan tingginya di McGill University di Montreal, Kanada, dan mengambil jurusan Ilmu Komputer. Setelah selesai kuliah, CZ mulai bekerja di Bursa Efek Tokyo, dan mengembangkan software yang berfungsi untuk mencocokkan pesanan perdagangan. Ia juga pernah bekerja di Bloomberg Tradebook, dan bertugas menjadi developer futures trading software. Lalu, pada tahun 2005, ia pindah ke Shanghai, tempat ia mendirikan Fusion Systems, yang dikenal dengan beberapa sistem perdagangan fastest high-frequency untuk broker.

Mulai tahun 2013, ia bekerja untuk berbagai proyek cryptocurrency termasuk Blockchain.info dan juga menjabat sebagai CTO di OKCoin. Pada tahun 2017, CZ meninggalkan OKCoin untuk memulai mendirikan Binance. Dia meluncurkan Binance pada bulan Juli 2017, dan dalam waktu kurang dari delapan bulan, CZ mengembangkan Binance menjadi exchange crypto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan, pada April 2018. Lalu, pada bulan Februari 2018, Majalah Forbes menempatkannya di urutan ketiga dalam daftar “The Richest People In Cryptocurrency”.

Baca Juga: Harga Token FTX Turun 72,52% Dalam 24 Jam, Cek Berita Lengkapnya!

Profil Changpeng Zhao, CEO Binance

Profil Changpeng Zhao, CEO Binance
letizo.com

Berikut ini adalah profil lengkap CZ, dilansir dari laman Forbes:

  • Nama Lengkap: Changpeng Zhao
  • Nama Panggilan: CZ
  • Umur: 45 Tahun
  • Kewarganegaraan: Canada
  • Sumber Kekayaan: Exchange Cryptocurrency
  • Kekayaan bersih (net worth): $17,4 Miliar
  • Tempat Tinggal saat ini: Singapura
  • Akun Twitter: @cz_binance

Berkat sepak terjangnya, CZ juga didapuk ke dalam Forbes List, yaitu peringkat dunia keluaran Forbes berdasarkan berbagai kategori, mulai dari orang terkaya di bumi hingga perguruan tinggi terbaik yang ditawarkan Amerika. CZ pun telah 4 kali mengisi posisi di Forbest List, yaitu:

  • #19 Billionaires (2022)
  • #22 Singapore’s 50 Richest (2021)
  • #5 Crypto Rich List (2021)
  • #216 China Rich List (2018)

4 Fakta Unik CZ yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Mantan Pegawai McD?

Fakta Unik CZ
cryptoonus.com

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik CZ yang dilansir dari Crypto Potato, yang mungkin belum diketahui oleh siapapun:

CZ Bekerja di Perusahaan Trading Lain Sebelum Mendirikan Binance

Pada tahun 2005, CZ berada di Shanghai, di mana ia mendirikan Fusion Systems. Fusion Systems merupakan platform perdagangan untuk broker. Sementara itu, dia memulai perjalanan crypto-nya pada tahun 2013 dengan blockchain.info sebagai Head of Development. Pada tahun 2014, ia menjual apartemennya di Shanghai dengan harga sekitar $1 juta dan menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi di Bitcoin.

Hidup Sederhana Tanpa Mobil, Crypto adalah Hidupnya

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa CZ memang menyukai Binance. Tetapi faktanya, dia sangat menyukai Binance hingga dia tidak tertarik dengan rumah, mobil, atau aset lainnya, tetapi hanya hoodie dan kaos Binance berwarna hitam. Dilansir dari Crypto Potato, CZ bahkan tidak memiliki satu pun mobil di rumahnya.

Tidak Punya Mobil, Tapi Memberikan Giveaway Lamborghini

CZ tampaknya menyukai taktik pemasaran yang tidak biasa. Binance kerap menawarkan beberapa promosi, salah satunya adalah hadiah Lamborghini. Meskipun CZ sendiri tidak tertarik dengan mobil, metode promosi perusahaannya telah menarik banyak perhatian.

CZ Pernah Bekerja di McDonald

Saat remaja, CZ mulai bekerja untuk membantu biaya rumah tangga orangtuanya. Pada tahun 1980-an, ia bekerja di McDonald’s untuk membantu keluarganya. Kemudian, ia berkuliah di McGill University dan belajar Ilmu Komputer. Ia juga sangat menyukai pasar saham dan trading, yang membuatnya memilih karir di bidang tersebut hingga saat ini.

Referensi: