Ini Dia 6 Alasan Utama Mengapa Pasar Crypto Turun Akhir Agustus 2023

Ini Dia 6 Alasan Utama Mengapa Pasar Crypto Turun Akhir Agustus 2023

Tren harga di pasar crypto terus menunjukkan penurunan pada 19 Agustus 2023. Kapitalisasi pasar keseluruhan berjuang untuk tetap berada di atas $1 triliun, sementara Bitcoin juga kesulitan mempertahankan level $26.000.

Penyebab Utama Penurunan

1. Reaksi terhadap SpaceX

Pada 17 Agustus 2023, berita tentang SpaceX yang dilaporkan menghapus cadangan Bitcoin-nya memicu penurunan besar-besaran.

Baca Juga: Wah! Harga Crypto Terpengaruh Harga Saham Karena Keputusan The Fed? Apa Dampaknya?

Bitcoin, yang mendominasi hampir 50% dari pasar crypto, bereaksi negatif terhadap berita ini.

Tekanan Makroekonomi

Presiden Bolivia Menyeru De-Dollarisasi: Apakah Ini Awal Baru Ekonomi Latam?
The Bankers

Penurunan di pasar crypto mencerminkan kerugian di pasar saham global. Indeks MSCI World, yang mencakup saham besar dan menengah dari 23 negara maju, turun tajam pada 17 Agustus 2023.

Kekhawatiran tentang ekonomi China dan suku bunga yang lebih tinggi mempengaruhi pasar. Terakhir kali China menurunkan nilai yuan pada Agustus 2015, harga BTC turun 23% dalam dua minggu berikutnya.

2. Indikator Teknikal

Pasar crypto saat ini menunjukkan potensi pola head-and-shoulders (H&S) pada grafik mingguan, yang biasanya merupakan indikator pembalikan bearish.

Jika pola ini terwujud, target penurunan untuk akhir 2023 atau awal 2024 bisa sekitar $751 miliar, turun lebih dari 25% dari valuasi saat ini.

3. Pandangan Optimis

Namun, meskipun ada berbagai faktor yang menekan pasar, beberapa analis tetap optimis tentang potensi pemulihan.

Ada harapan bahwa para banteng akan mencoba pemulihan menuju rata-rata bergerak eksponensial 50 minggu (50-week EMA) yang berada di dekat $1,113 triliun pada 2023.

Menjaga level rata-rata bergerak eksponensial 200 minggu (200-week EMA) di dekat $1,08 triliun sebagai dukungan akan menjadi krusial bagi para banteng untuk mendorong pasar ke arah yang positif.

4. Reaksi Komunitas

Komunitas crypto, seperti biasa, telah bereaksi dengan berbagai pendapat mengenai penurunan ini.

Sementara beberapa melihat ini sebagai kesempatan untuk membeli saat harga “diskon” yang lainnya menyarankan pendekatan yang lebih hati-hati, menunggu konfirmasi lebih lanjut sebelum membuat langkah berikutnya.

5. Pentingnya Diversifikasi

Kejadian seperti ini mengingatkan investor tentang pentingnya diversifikasi portofolio. Meskipun crypto menawarkan potensi keuntungan yang luar biasa, mereka juga datang dengan risiko yang signifikan.

Oleh karena itu, memiliki campuran aset dalam portofolio dapat membantu menyeimbangkan potensi keuntungan dengan risiko.

Baca Juga: The FED Naikkan Suku Bunga Hingga 4,5%, Ini Dampak FOMC Pada Harga Crypto!

6. Tindakan Regulator

regulator dubai opnx

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, tindakan regulator di seluruh dunia juga memainkan peran penting dalam dinamika pasar crypto.

Dengan semakin banyak negara yang mempertimbangkan regulasi ketat untuk industri crypto, pasar mungkin melihat lebih banyak volatilitas di masa depan.

Penutup

Meskipun pasar crypto saat ini menghadapi tantangan, industri ini telah menunjukkan ketahanan luar biasa di masa lalu.

Dengan inovasi berkelanjutan, adopsi yang meningkat, dan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi blockchain, masa depan crypto tetap cerah. Bagi investor, kunci keberhasilan adalah pendidikan, penelitian, dan kesabaran.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: