Token SHIDO Anjlok 94%, Akibat Penyerangan pada Kontrak Staking Ethereum!

Token SHIDO Anjlok 94%, Akibat Penyerangan pada Kontrak Staking Ethereum!

Dunia kripto kembali digemparkan dengan kabar mengejutkan. Shido, sebuah proyek blockchain layer-1, mengalami eksploitasi pada kontrak staking Ethereum-nya. Akibatnya, token SHIDO anjlok hingga 94% hanya dalam waktu 30 menit. Bagaimana kronologi kejadiannya dan apa dampaknya bagi investor?

Kronologi Kejadian

laporan keamanan shido
Sumber: Akun X PeckShield

Menurut laporan perusahaan keamanan blockchain PeckShield, penyerang berhasil mengendalikan kontrak staking Ethereum milik Shido dan mentransfer keluar miliaran token SHIDO. Eksploitasi ini terjadi pada tanggal 29 Februari 2024.

PeckShield menjelaskan bahwa penyerang berhasil mentransfer kontrak staking Ethereum blockchain ke alamat lain. Pemilik baru kemudian memutakhirkan kontrak dengan fungsi tersembunyi untuk menarik token yang dipertaruhkan.

Penyerang telah menarik lebih dari 4,3 miliar token SHIDO, hampir setengah dari total pasokan token yang beredar, yaitu sekitar 9 miliar token. Sebelum penurunan harga, nilai token tersebut sekitar $35 juta.

Baca Juga: Ark 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) Adopsi Chainlink untuk Buktikan Cadangan Bitcoin!

Dampak bagi Investor

shido turun
Sumber: Akun X Kinnif

Anjloknya harga token SHIDO tentu saja berdampak besar bagi para investor. Dalam hitungan menit, nilai investasi mereka menyusut hingga 94%. Hal ini tentu saja menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Selain kerugian finansial, eksploitasi ini juga merusak kepercayaan investor terhadap proyek Shido. Banyak investor yang merasa kecewa dan khawatir dengan keamanan platform Shido. Akibatnya, mereka memilih untuk menarik investasi mereka dari Shido.

Baca Juga: Polygon zkEVM Siap Hadapi Upgrade Dencun Ethereum, Biaya Transaksi Diprediksi Turun Drastis!

Tanggapan Shido

Menanggapi eksploitasi ini, tim Shido segera mengambil tindakan. Mereka mengamankan ancaman lebih lanjut terhadap Shido dan memulai penyelidikan. Shido juga mendesak peretas untuk menghubungi mereka untuk bernegosiasi tentang hadiah.

Shido berjanji bahwa pengguna yang mempertaruhkan token mereka akan mendapatkan aset mereka kembali. Namun, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut tentang bagaimana Shido akan mengembalikan aset investor yang hilang.

Kesimpulan

Eksploitasi pada kontrak staking Ethereum Shido menjadi pelajaran berharga bagi para investor kripto. Sebelum berinvestasi pada proyek kripto, penting untuk melakukan riset dan memahami risiko yang terlibat. Selain itu, investor juga harus memilih platform yang memiliki keamanan yang baik untuk melindungi aset mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi