Dinamika Pasokan Ethereum: Mengapa Harga Gas Menurun dan Bagaimana Masa Depannya?

author:

Dinamika Pasokan Ethereum: Mengapa Harga Gas Menurun dan Bagaimana Masa Depannya?

Baru-baru ini, dinamika pasokan di Ethereum terus mengalami perubahan seiring dengan penurunan tajam dalam DeFi, penjualan NFT, dan perdagangan meme coin tahun ini. Terdepending pada kerangka waktu yang dilihat, Ethereum dapat bersifat deflasi atau inflasi. Namun, apa yang sebenarnya terjadi dengan dinamika pasokan jaringan ini dan mengapa harga transaksi terus menurun?

Hubungan Antara Pasokan Ethereum dan Harga Gas

Pada Agustus 2021, Ethereum mengimplementasikan EIP-1559 yang memperkenalkan mekanisme pembakaran biaya. Sejak saat itu, pasokan memiliki koneksi langsung dengan harga gas.

Baca juga: Invesco dan Galaxy Digital Berkolaborasi untuk Mengajukan ETF Ethereum Spot!

Harga gas yang lebih tinggi berarti lebih banyak ETH yang dibakar dan sebaliknya. Transisi dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS) mengurangi penerbitan ETH sebesar 90%, membuat banyak orang mengklaim bahwa jaringan kini adalah “ultrasound money”. Namun, klaim ini diuji dengan harga gas yang menurun dan volume transaksi yang berkurang.

Alasan Penurunan Harga Gas

Menurut Chris Martin, kepala penelitian di Amberdata, ada tiga alasan utama untuk penurunan harga gas. Pertama, fokus Ethereum Foundation pada penskalaan dengan Ethereum 2.0 telah memberikan manfaat besar bagi jaringan, membuatnya lebih murah dan aman.

“Fokus Ethereum Foundation pada penskalaan dengan Ethereum 2.0 telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi jaringan, membuatnya lebih murah dan lebih aman,” adalah urutan pertamanya.

Martin kemudian merujuk pada pertumbuhan Layer-2, menjelaskan bagaimana peningkatan solusi penskalaan ini telah “mengambil banyak volume dari mainchain.”

Di tempat ketiga, kata Martin, adalah kurangnya narasi – sesuatu yang telah dihadapi pasar crypto yang lebih luas akhir-akhir ini.

“Pasar saat ini telah membuat banyak orang menunggu hal besar berikutnya. Ada peluang, hanya saja peluang tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun 2021.” Jelas Martin.

Baca juga: Biaya Rendah Ethereum: Apakah Ini Awal dari Kebangkitan ETH?

Prediksi Masa Depan Harga Gas Ethereum

holesky ethereum tertunda

Julio Barragan, direktur pendidikan di Blocknative, berpendapat bahwa situasi harga gas saat ini hanya sementara. Dia percaya bahwa segera setelah volume meningkat, persaingan untuk ruang blok akan meningkat, dan jaringan akan menyesuaikan harga gas secara otomatis.

Namun, prediksi harga gas Ethereum di masa depan menjadi lebih rumit dengan penerimaan bertahap dari ERC-4337, yang dikenal sebagai abstraksi akun. Tujuannya adalah untuk membuat dompet crypto se-mudah menggunakan email.

Namun, dampak jangka panjang dari abstraksi akun dan adopsi layer-2 terhadap harga gas masih belum jelas.

Meskipun harga gas Ethereum saat ini menurun, masa depan jaringan ini belum bisa dipastikan. Dengan berbagai inovasi dan perubahan yang terus menerus terjadi, hanya waktu yang akan menentukan bagaimana dinamika pasokan dan harga gas akan berkembang di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: