Ethereum Meroket 5% Hari Ini (27/2), Apa Faktor Utamanya?

Array

Ethereum Meroket 5% Hari Ini (27/2), Apa Faktor Utamanya?

Harga Ethereum (ETH) mengalami kenaikan sebesar 5% dan bertahan di sekitar Rp50,7 juta pada hari Selasa, 27 Februari 2024, karena minat investor terhadap kontrak berjangka (futures) ETH terus meningkat. Data dari Coinglass menunjukkan bahwa open interest futures ETH telah melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di $10,6 miliar. Kira-kira apa saja faktor utama kenaikannya? Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Airdrop dan Harapan ETF Ethereum Spot Menjadi Pendorong Kekuatan ETH

harga ethereum hari ini 27 feb
Sumebr: Market Pintu

Analis dari JPMorgan memperkirakan peluang 50% untuk ETF Ether pada bulan Mei. Beberapa investor, seperti CEO Keyrock Kevin de Patoul, percaya bahwa transisi Ethereum ke model konsensus proof-of-stake dan pengenalan staking yield dapat ditafsirkan sebagai penawaran sekuritas dari sudut pandang SEC.

Selain ekspektasi ETF Ether spot, telah terjadi peningkatan arus masuk modal ke aplikasi derivatif liquid staking seperti EigenLayer, yang baru-baru ini mendapatkan pendanaan sebesar $100 juta dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz.

eth futures
Ethereum futures aggregate open interest, USD. Sumber: Coinglass

Total nilai terkunci (TVL) protokol melonjak dari $1,8 miliar menjadi $8,3 miliar dalam 30 hari hingga 26 Februari. Selain itu, beberapa optimisme terhadap harga ETH berasal dari airdrop, termasuk token solusi layer-2 Starknet (STRK) yang sukses pada tanggal 20 Februari.

Meskipun mengumpulkan TVL kurang dari $160 juta, kapitalisasi pasar STRK saat ini mencapai $1,4 miliar. Demikian pula, token yang belum diluncurkan dari layer-2 Blast telah menarik lebih dari $2 miliar dalam bentuk deposit setelah peluncuran yang kontroversial pada bulan November 2023.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harga Ethereum (ETH) Dapat Terus Melonjak dalam Waktu Dekat!

Derivatif Ethereum Menunjukkan Permintaan yang Sehat untuk Leveraged Long

Untuk memahami apakah investor Ether tetap bullish setelah kenaikan 38,5% dalam 30 hari, seseorang harus menganalisis premi futures ETH, juga dikenal sebagai tingkat basis. Pedagang profesional lebih menyukai kontrak futures bulanan karena tidak adanya biaya pendanaan.

derivatif ethereum
Premi tahunan Ethereum Futures 2 bulan. Sumber: Laevitas

Di pasar netral, instrumen ini diperdagangkan dengan premi 5% hingga 10% untuk memperhitungkan periode penyelesaian yang diperpanjang. Data menunjukkan bahwa premi futures ETH telah berkisar mendekati 15% sejak 14 Februari, yang biasanya dianggap sebagai level bullish yang sehat tanpa tanda-tanda leverage yang berlebihan.

Sebagai perbandingan, premi tahunan 22% yang terlihat pada 3 Januari menunjukkan risiko likuidasi yang jauh lebih tinggi, mengingat para pedagang terlalu optimis pada harga menurut indikator tersebut. Pada dasarnya, metrik derivatif sehat, mengingat harga Ether mencapai level tertinggi dalam 14 bulan tanpa tanda-tanda leverage berlebihan dari pembeli.

Baca Juga: Ethereum: Upgrade Dencun Sudah Dekat, Akankah Cukup Atasi Masalah Skalabilitas?

Zircuit, Jaringan Layer 2 Ethereum Baru, Meroket dengan Deposit Lebih dari $128 Juta dalam 24 Jam

Zircuit, jaringan Layer 2 Ethereum baru, memungkinkan staking dari Ether yang telah direstake dan dipertaruhkan. Lebih dari $128 juta telah disimpan di Zircuit sejak setoran dibuka dalam 24 jam terakhir, semuanya sebelum mainnet Zircuit ditayangkan. Zircuit didukung oleh Pantera, Dragonfly Capital, dan Maelstrom dan menganggap dirinya sebagai jaringan layer 2 zero-knowledge Ethereum.

Salah satu fitur utama yang diperkenalkan Zircuit adalah apa yang disebutnya, “sekuenser level security.” Zircuit memantau mempool, simpanan transaksi yang tertunda pada blockchain, dan mencari transaksi jahat untuk mencegah penyertaannya dalam sebuah blok. Pada dasarnya, jika peretasan atau eksploitasi terdeteksi, jaringan Zircuit memiliki kemampuan untuk menghentikannya.

Setoran sekarang berada dalam kontrak pintar di Ethereum, dan setelah mainnet Zircuit ditayangkan, pengguna akan memiliki opsi untuk bermigrasi ke mainnet atau menarik kapan saja tanpa penalti. Hingga saat itu, pengguna dapat memperoleh hasil dan poin atas setoran mereka. Ini termasuk hasil dari staking Ether, poin EigenLayer, poin protokol liquid restaking, dan poin Zircuit. Bagi pengguna yang ingin bereksperimen di testnet Zircuit, itu sudah aktif.

Kesimpulan

Harga Ethereum (ETH) bertahan di sekitar Rp50,7 juta pada hari Selasa, 27 Februari 2024, karena minat investor terhadap kontrak berjangka (futures) ETH terus meningkat. Sementara itu, jaringan Layer 2 Ethereum baru, Zircuit, telah mengumpulkan lebih dari $128 juta dalam deposit dalam 24 jam terakhir. Zircuit memungkinkan staking dari Ethereum yang telah direstake dan dipertaruhkan, dan menawarkan fitur keamanan tingkat sequencer yang unik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array