BTC Anjlok 7% Setelah Lampaui ATH, Kenapa Market Crypto Merah Hari Ini (6/3/24)?

BTC Anjlok 7% Setelah Lampaui ATH, Kenapa Market Crypto Merah Hari Ini (6/3/24)?

Hari ini, pasar crypto mengalami guncangan hebat dengan Bitcoin (BTC) terkoreksi 7% setelah mencatat rekor tertinggi baru sepanjang masa di $69.324 di bursa Coinbase. Penurunan ini dianggap sebagai hasil dari aksi ambil untung dan likuidasi di pasar berjangka, meskipun ada arus masuk besar dari investor ke dalam ETF BTC spot dan minat investor yang meningkat terhadap mata uang kripto. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

ETF Membuka Pintu untuk Arus Investor Institusional

crypto aset aum
Aliran aset investor institusional aset kripto. Sumber: CoinShares

Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru yang sebagian besar dapat dikaitkan dengan investor institusional yang berinvestasi dalam ETF BTC spot yang disetujui. Menurut data dari CoinShares, investor institusional telah mendorong $7,6 miliar ke dalam crypto sejak awal tahun 2024. Hanya dalam minggu lalu, lebih dari $1,8 miliar telah mengalir ke dalam produk investasi crypto oleh investor institusional.

Dari $7,6 miliar yang dialirkan ke aset crypto pada tahun 2024, lebih dari $7,3 miliar mengalir khususnya ke Bitcoin. Total aset yang dikelola (AUM) untuk Bitcoin mengungguli aset digital lainnya, dengan $62,71 miliar saat ini dikerahkan.

Baca Juga: Bitcoin Catat All Time High Baru! Harga BTC Terbang Tinggi Melewati $69.000!

Momentum ETF BTC Spot Meningkatkan Sentimen Pasar

fear and greed index
Sumber: Coingecko

Ketika harga Bitcoin mencapai rekor tertinggi, sentimen investor beralih ke “keserakahan ekstrem,” seperti yang diukur oleh indeks Crypto Fear and Greed. Tingkat keserakahan pada 5 Maret mencapai 90, menjadi yang tertinggi sejak Februari 2021. Meskipun tingkat keserakahan ekstrem, harga Bitcoin tetap volatil dengan meningkatnya minat terbuka.

Pergerakan tajam di pasar berjangka Bitcoin dapat dicatat dengan melihat likuidasi. Waktu likuidasi long bertepatan dengan volatilitas yang meningkat, yang secara tajam menurunkan harga Bitcoin. Dalam periode 24 jam pada 5 Maret, lebih dari $111 juta posisi long Bitcoin dilikuidasi. Likuidasi long Bitcoin mencapai $35 juta dalam 1 jam setelah harga BTC mencapai rekor tertinggi.

Baca Juga: Gelombang Bull Run Crypto: Sorotan Ethereum dan Inovasi Layer-2

Meningkatnya Minat Investor Ritel terhadap Bitcoin

alamat btc yang rugi
Sumber: Look Into Bitcoin

Pada momen singkat pada 5 Maret, semua alamat on-chain Bitcoin berada dalam keuntungan, yang tidak terjadi sejak rekor tertinggi sebelumnya. Dengan semua alamat Bitcoin di luar kerugian, investor mulai merealisasikan keuntungan. Pada 5 Maret, realisasi keuntungan terbesar kedua terjadi untuk tahun 2024, mencapai lebih dari $3 miliar.

Likuidasi dan pengambilan keuntungan yang meningkat bercampur dengan arus masuk institusional yang berkelanjutan menciptakan harga Bitcoin yang volatil hari ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: