Bitcoin Mendekati $43.000, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (6/2/24)?

Bitcoin Mendekati $43.000, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (6/2/24)?

Meskipun harga Bitcoin sempat mendekati $43.000, data dari pasar derivatif menunjukkan bahwa kepercayaan para trader terhadap kenaikan harga ini masih rendah.

Hal ini terjadi setelah Jerome Powell, Ketua Federal Reserve AS, menanggapi ekspektasi pasar terhadap pemotongan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang dengan sikap yang kurang mendukung. Kurangnya minat dari posisi long yang leverage di pasar derivatif Bitcoin menambah spekulasi tentang potensi penurunan harga hingga $40.000. Simak analisa lengkap mengapa crypto turun hari ini per 6 Februari 2024!

Tekanan Harga Bitcoin di Tengah Suku Bunga Tinggi AS

Dalam wawancara tanggal 4 Februari dengan 60 Minutes, Powell menjelaskan bahwa bank sentral membutuhkan lebih banyak kepastian tentang tingkat inflasi mendekati target 2% sebelum mengambil tindakan.

Meskipun Powell merasa positif tentang ekonomi, menyatakan bahwa “ekonomi berada dalam kondisi baik,” dia menyebutkan kemungkinan “tiga pemotongan suku bunga sebesar seperempat poin tahun ini” berdasarkan proyeksi resmi, tergantung pada perilaku pasar tenaga kerja. Namun, ini bertentangan dengan ekspektasi investor tentang pemotongan suku bunga yang dimulai pada Maret.

Penambahan tekanan pada harga Bitcoin datang dari esai Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari pada tanggal 5 Februari, yang menyarankan bahwa otoritas moneter mungkin membutuhkan waktu sebelum mengurangi suku bunga. Kashkari berpendapat bahwa “posisi kebijakan moneter saat ini mungkin tidak seketat” yang dipercaya, mengutip pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pengangguran yang rendah.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Bakal Meroket ke $60.000 Sebelum 2025, Ini Alasannya!

Data Derivatif Bitcoin Menunjukkan Permintaan Netral untuk Long Leverage

premi 1 bulan btc
Premi tahunan berjangka 1 bulan Bitcoin. Sumber: Laevitas

Futures bulanan Bitcoin biasanya diperdagangkan dengan premi sedikit dibandingkan pasar spot, menunjukkan bahwa penjual meminta lebih banyak uang untuk menunda penyelesaian. Akibatnya, kontrak futures BTC seharusnya diperdagangkan dengan premi tahunan 5% hingga 10% dalam pasar yang sehat — situasi yang dikenal sebagai contango, yang bukan unik untuk pasar kripto.

colume put to call btc
Volume put-to-call opsi BTC 1 bulan di Deribit. Sumber: Laevitas

Selama tiga minggu terakhir, trader Bitcoin mendekati pasar dengan tingkat kehati-hatian, dengan indikator tetap di bawah ambang batas netral 10%. Secara khusus, futures Bitcoin menunjukkan ketahanan, tidak bereaksi negatif terhadap pengujian ulang dukungan $39.000 pada tanggal 23 Januari.

Baca Juga: Bitcoin (BTC) Diprediksi Konsolidasi Sebelum Halving, Gimana Prospek Jangka Panjangnya?

Keraguan Menguat Meskipun Ada Potensi Jangka Panjang

Meskipun ada potensi manfaat jangka panjang yang terkait dengan kelangkaan Bitcoin, trader mengakui bahwa faktor risiko jangka pendek, seperti yang diungkapkan oleh penggemar kripto Blockgraze di jaringan sosial X, bisa membatasi sisi atas BTC.

analisa btc short term
Sumber: Akun X Block Graze

Faktor risiko ini termasuk bursa Mt. Gox yang bangkrut setelah peretasan tahun 2014, yang propertinya diatur untuk mendistribusikan 142.000 BTC kepada kreditur. Tekanan negatif tambahan pada harga Bitcoin berasal dari kesulitan pemberi pinjaman kripto yang gagal, Genesis, yang dikendalikan oleh Digital Currency Group, mencari persetujuan pengadilan AS untuk melikuidasi $1,38 miliar saham di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC).

Meskipun data derivatif Bitcoin menunjukkan keengganan untuk mengambil posisi bullish, tidak ada risiko yang diidentifikasi yang tampaknya meniadakan manfaat potensial dalam hal terjadi kenaikan inflasi — oleh karena itu, tidak ada indikasi pelemahan harga Bitcoin menjadi $40.000.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: