Market Merah di Akhir Minggu, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (5/4/24)?

Market Merah di Akhir Minggu, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (5/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Dalam beberapa minggu terakhir, pasar crypto mengalami ketidakpastian yang signifikan, dengan Bitcoin (BTC) berdagang dalam kisaran harga $10.000 tanpa menunjukkan tanda-tanda pergerakan harga yang signifikan. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan di kalangan investor dan pengamat pasar: Mengapa harga crypto terutama Bitcoin, terjebak dalam fase stagnasi? Mari kita jelajahi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kondisi pasar saat ini dan implikasinya terhadap ekosistem crypto secara keseluruhan!

Bitcoin dan Siklus Harga

btc dan siklus harga
Sumber: Akun X Daan Crypto Trades

Bitcoin telah mengalami fase konsolidasi yang berkepanjangan, berdagang antara $62.800 dan $71.860 selama hampir dua minggu. Kondisi ini mencerminkan ketidakpastian di antara para trader mengenai arah harga selanjutnya. Meskipun Bitcoin telah mencapai rekor harga baru di tahun 2024, setiap pemulihan di atas $70.000 gagal memicu tren harga yang lebih luas. Sebaliknya, BTC tampaknya terjebak di sekitar puncak siklus 2021 selama sekitar empat minggu.

Menurut analis independen, Daan Crypto Trades, berdasarkan aksi harga historis, cryptocurrency terbesar ini bisa tetap terikat kisaran selama satu atau dua bulan sebelum menetapkan bias arah yang jelas. Fase konsolidasi ini mungkin merupakan prasyarat sebelum Bitcoin kembali bergerak.

Baca Juga: Harga PENDLE Naik 27% Hari Ini (5/4/24), Apa yang Terjadi?

Aktivitas Whale dan Penarikan dari Bursa

aktivitas whale
Jumlah alamat yang menarik BTC dari bursa. Sumber: CryptoQuant

Pergerakan harga Bitcoin saat ini sejalan dengan transfer kepemilikan BTC dari dompet bursa yang dikenal ke penyimpanan pribadi. Jumlah dompet yang menarik BTC dari bursa meningkat dari 12.152 menjadi 26.627 antara 31 Maret dan 4 April. Peningkatan penarikan BTC dari bursa ini sejalan dengan lonjakan aktivitas whale selama periode yang sama, mencerminkan akumulasi oleh investor besar.

Transfer signifikan BTC dari bursa ke dompet, terutama oleh investor besar, menunjukkan kurangnya niat oleh investor untuk melepas kepemilikan mereka, sehingga mengurangi volatilitas pasar.

Baca Juga: 3 Altcoin Terbaik di Bulan April 2024

Fokus Trader pada Dukungan Bitcoin di $65.000

Mengamati grafik harian Bitcoin, periode stabilitas harga saat ini terjadi di atas level dukungan $65.000. Analis populer, Rekt Capital, mencatat bahwa harga BTC gagal menguji kembali rekor tertingginya di atas $73.000, sesekali pulih di atas “old all-time High of ~$69.000” selama dua minggu terakhir.

Dengan halving Bitcoin yang semakin dekat, harga BTC mungkin berkonsolidasi di dalam level $65.000 dalam jangka pendek, menunggu katalis berikutnya yang akan menentukan arah pasar.

Kesimpulan

Ketidakpastian yang berkelanjutan di pasar crypto, terutama dengan Bitcoin, mencerminkan fase konsolidasi yang mungkin diperlukan sebelum terjadi pergerakan harga yang signifikan. Meskipun aktivitas whale dan penarikan dari bursa menunjukkan akumulasi, pasar tetap waspada terhadap potensi volatilitas di masa depan. Dengan halving Bitcoin yang mendekat, komunitas crypto menantikan katalis yang akan menentukan arah pasar selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: