Market Berdarah, 3 Alasan Mengapa Crypto Turun Hari Ini (31/1/24)!

Market Berdarah, 3 Alasan Mengapa Crypto Turun Hari Ini (31/1/24)!

Hari ini, dunia crypto kembali dipenuhi dengan berbagai kejadian menarik yang layak untuk disimak. Per 31 Januari 2024, market terpantau turun, Bitcoin (BTC) hari ini turun 1,7% hingga menyentuh 677 juta, sedangkan Ethereum (ETH) justru mengalami sedikit kenaikan yakni 0,87%. Kira-kira mengapa crypto turun hari ini?

Dari langkah hukum yang diambil oleh Terraform Labs hingga penyitaan Bitcoin oleh otoritas Jerman, simak berita lengkapnya berikut ini!

Terraform Labs dan Langkah Hukumnya

dokumen terraform labs
CEO Terraform Labs mengatakan bahwa kasus Bab 11 sangat penting untuk mengajukan banding atas tindakan penegakan hukum SEC. Sumber: PACER

Terraform Labs, yang dikenal dengan stablecoin TerraClassicUSD (USTC) yang kini tidak berfungsi, mengumumkan kebangkrutannya sebagai strategi untuk menghadapi gugatan dari SEC (Securities and Exchange Commission). Keputusan ini diambil dengan harapan dapat mempermudah proses banding terhadap gugatan yang dihadapi.

Dalam pengajuan hukum terbaru, CEO Terraform Labs, Chris Amani, menjelaskan bahwa biasanya, untuk mengajukan banding terhadap SEC, perusahaan harus menyediakan jaminan “supersedeas bond” sebesar 110% dari total putusan. Namun, dengan perlindungan kebangkrutan, Terraform dapat mengajukan banding tanpa perlu menyediakan jaminan tersebut.

Baca Juga: Prediksi Cardano Februari 2024: Harga ADA Siap Meroket 36%, Ini Analisa dari Para Ahli!

Penyitaan 50.000 BTC oleh Jerman

penyitaan 50000 btc di jerman
Sumber: Akun X Robin Seyr

Otoritas Jerman baru-baru ini menyita sekitar 50.000 BTC sebagai bagian dari investigasi lebih luas terkait pelanggaran hak cipta. Penyitaan ini terkait dengan dua warga negara Jerman dan Polandia yang diduga membeli Bitcoin dari hasil penjualan materi bajakan.

Dana yang disita bernilai lebih dari $2,1 miliar dengan harga saat ini. Menariknya, Bitcoin tersebut diserahkan secara sukarela oleh terdakwa ke dompet resmi yang disediakan oleh polisi, menandakan bahwa keputusan akhir mengenai penggunaan Bitcoin tersebut belum ditetapkan.

Baca Juga: Harga Solana Diprediksi akan Meroket Hingga $113, Simak Analisisnya!

Coinbase dan Biaya Konversi Baru

struktur biaya coinbase
Struktur biaya konversi bersih Coinbase yang telah direvisi. Sumber: Coinbase

Coinbase, salah satu bursa crypto terbesar di Amerika Serikat, mengumumkan akan mulai mengenakan biaya konversi untuk transaksi yang melebihi $75 juta per bulan. Namun, pengecualian akan diberikan kepada anggota Program Likuiditas Bursa Coinbase Tingkat 1 dan Tingkat 2.

Biaya baru ini akan dihitung berdasarkan periode 30 hari yang berkelanjutan, dimulai pada 5 Februari. Ini merupakan langkah baru oleh Coinbase dalam menyesuaikan struktur biaya mereka, yang mungkin mempengaruhi cara pengguna melakukan konversi mata uang di platform tersebut.

Kesimpulan

Hari ini, dunia crypto kembali menunjukkan dinamikanya yang tak pernah berhenti menghadirkan kejutan. Dari strategi hukum yang diambil oleh Terraform Labs hingga kebijakan baru Coinbase, setiap peristiwa membawa dampaknya masing-masing bagi pelaku pasar crypto. Bagi kamu yang terlibat dalam dunia crypto, penting untuk terus mengikuti perkembangan terkini agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam investasi atau transaksi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: