BTC Merosot Menjelang FOMC, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (20/3/24)?

BTC Merosot Menjelang FOMC, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (20/3/24)?

Di tengah ekspektasi pasar yang tinggi menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 20 Maret 2024, harga Bitcoin mengalami penurunan signifikan. Penurunan ini menandai salah satu hari terburuk dalam beberapa minggu terakhir, dengan Bitcoin kehilangan sekitar 6% dari nilainya, turun ke kisaran $63.400. Penurunan ini terjadi meskipun ada tren kenaikan umum dalam pasar crypto. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

FOMC dan Dampaknya pada Crypto

Pertemuan FOMC yang akan datang telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor crypto. Dalam pertemuan terakhir pada Januari 2024, Federal Reserve memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada kisaran 5,25%-5,50%, melanjutkan jeda kenaikan suku bunga yang dimulai pada Maret 2022 untuk mengatasi inflasi.

Meskipun Federal Reserve telah memberikan sinyal bahwa suku bunga akan tetap tidak berubah hingga inflasi menunjukkan penurunan yang signifikan di bawah target 2%, banyak analis dan investor memperkirakan bahwa bank sentral akan mempertahankan posisi saat ini pada pertemuan 20 Maret 2024.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik di Maret 2024

Kebijakan Bank Sentral Jepang

kebijakan sentral jepang
Sumber: Akun X Unusual Whales

Perubahan kebijakan oleh Bank Sentral Jepang juga berkontribusi terhadap tekanan turun pada Bitcoin. Setelah delapan tahun menerapkan kebijakan suku bunga negatif untuk merangsang peminjaman dan permintaan, BOJ meningkatkan suku bunga kebijakan jangka pendeknya dari -0,1% menjadi kisaran nol hingga 0,1%.

Keputusan ini menandai kenaikan suku bunga pertama oleh BOJ sejak tahun 2007, namun beberapa analis memperingatkan bahwa BOJ mungkin akan bergerak hati-hati dengan kenaikan suku bunga lebih lanjut karena pemulihan ekonomi yang lambat.

Baca Juga: Gokil! Memecoin Milady Wif Hat Raih $18 Juta dalam 2 Jam

Transisi Dana Bitcoin Grayscale

Peristiwa penting lainnya dalam dunia crypto adalah transformasi dana Bitcoin Grayscale menjadi Dana yang Diperdagangkan di Bursa (ETF) Bitcoin, setelah mendapatkan persetujuan dari SEC untuk ETF Bitcoin spot pada 10 Januari. Grayscale kemudian mulai memindahkan kepemilikan BTC-nya ke Coinbase untuk dijual.

transisi dana grayscale
Sumber: Akun X Michael van de Poppe

Sebelumnya, dana bitcoin Grayscale berstruktur sebagai dana tertutup, yang mengharuskan investor untuk menahan saham setidaknya selama enam bulan. Dengan diperkenalkannya ETF, investor kini dapat dengan cepat melikuidasi kepemilikan mereka dan merealisasikan keuntungan, sebuah tren yang tampaknya kembali terjadi.

Di tengah perubahan pasar ini, analisis dari Michaël Van de Poppe terus memberikan wawasan berharga bagi investor. Apakah kamu menganggap nasihatnya sebagai panduan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: