Market Merah, Mengapa Harga Crypto Turun Hari Ini (19/1/24)? Simak 3 Alasan Utamanya!

Market Merah, Mengapa Harga Crypto Turun Hari Ini (19/1/24)? Simak 3 Alasan Utamanya!

Pasar crypto hari ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, memicu kekhawatiran dan spekulasi di kalangan trader. Dengan total kapitalisasi pasar yang turun menjadi $1,67 triliun pada 18 Januari, banyak yang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Mari kita selami tiga alasan utama di balik penurunan pasar crypto yang mungkin belum kamu ketahui!

market crypto merah
Sumber: Cointelegraph

Dolar AS yang Kuat Menekan Crypto

Dolar Amerika Serikat yang semakin menguat telah memberikan tekanan jual pada crypto. Indeks Dolar AS (DXY) telah bangkit dari angka 101 di awal Januari dan mencapai puncak baru, diperdagangkan pada 103,50 pada 18 Januari.

dolar as menkean crypto
Indeks kekuatan dolar AS (DXY), grafik 1 hari. Sumber: TradingView

Kekuatan ini didorong oleh permintaan yang meningkat dan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS. Data terbaru menunjukkan penjualan ritel AS di bulan Desember 2023 melampaui ekspektasi, dengan pertumbuhan sebesar 0,6% dibandingkan dengan prediksi 0,4%.

Kenaikan ini juga didukung oleh peningkatan imbal hasil obligasi pemerintah AS, yang menandakan pasar sedang menyesuaikan taruhan mereka terhadap kebijakan pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve.

Baca Juga: Apa itu ETF Ethereum?

Likuidasi Massal Menyeret Pasar Crypto ke Bawah

Penurunan harga crypto utama telah memicu gelombang likuidasi di pasar derivatif. Trader yang optimis tampaknya terkejut, mengakibatkan likuidasi posisi long yang cepat. Dalam 24 jam terakhir, lebih dari $137 juta posisi long telah dilikuidasi di pasar crypto, dengan $89 juta di antaranya terjadi dalam 12 jam terakhir.

Likuidasi ini berdampak negatif pada harga pasar crypto ketika posisi derivatif long dilikuidasi tanpa adanya tekanan beli dari volume perdagangan. Lebih dari 61.874 trader mengalami likuidasi, dengan likuidasi tunggal terbesar adalah BTC dan Tether (USDT) di Binance senilai $7,31 juta.

Baca Juga: ETF Bitcoin Buka Peluang Emas bagi Altcoin, Ini Alasannya!

ETF Bitcoin Spot dan GBTC Menambah Tekanan Jual

etf bitcoin spot menambah tekanan
Sumber: Akun X Michael van de Poppe

ETF Bitcoin spot yang disetujui pada 10 Januari telah memulai perdagangan pada 12 Januari. Sesi perdagangan pertama menimbulkan kebingungan karena investor tidak yakin tentang volume perdagangan sebenarnya.

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah mentransfer 8.730 BTC, senilai lebih dari $376 juta, ke alamat deposit Coinbase Prime pada 16 Januari. Transfer ini menunjukkan bahwa pemegang GBTC memilih untuk menutup sebagian posisi mereka.

Sejak peluncuran ETF Bitcoin spot, sentimen investor dan volatilitas seputar persetujuan yang telah lama ditunggu-tunggu telah menurun, menyebabkan konsolidasi pasar.

Kesimpulan

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar crypto saat ini, para trader dan investor disarankan untuk tetap waspada dan melakukan riset mendalam sebelum membuat keputusan investasi. Meskipun pasar sedang mengalami penurunan, ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mempertimbangkan strategi jangka panjang dalam berinvestasi di crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi