Harga Bitcoin Alami Koreksi 2%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (18/4/24)?

author:

Harga Bitcoin Alami Koreksi 2%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (18/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Mengutip laporan CoinPedia, pasar kripto sedang mengalami penurunan yang signifikan, dengan mata uang kripto utama seperti Bitcoin dan Ethereum mengalami kerugian besar.

Penurunan pasar ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketegangan geopolitik baru-baru ini antara Iran dan Israel. Meskipun biasanya terjadi lonjakan sebelum halving, pasar malah jatuh, menyebabkan kepanikan investor dan aksi jual.

Sementara investor melarikan diri, para trader justru terjun ke pasar, tetapi ini tidak menunjukkan sentimen bullish secara keseluruhan.

Harga Bitcoin (BTC) Turun 2,27% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Pada saat penulisan (18/4/24), harga BTC tercatat mengalami koreksi 2,27% dalam waktu 24 jam terakhir. BTC sempat menyentuh harga tertingginya di Rp1.032.553.104 sebelum akhirnya merosot menyentuh harga terendahnya di Rp980.310.330.

Baca juga: Pencarian ‘Bitcoin Halving” di Google Capai Titik Tertinggi Sepanjang Masa

Sementara itu, market cap Bitcoin hari ini juga mengalami penurunan 2,30% menjadi $1,211,894,025,067, dengan volume perdagangan yang naik 9,51% menjadi $42,173,533,196 dalam waktu 24 jam terakhir.

Pemicu Penurunan Pasar Kripto

Penurunan pasar kripto saat ini dipicu oleh beberapa faktor utama.

Pertama, ketegangan geopolitik antara Iran dan Israel telah menyebabkan ketidakpastian di pasar keuangan global. Investor khawatir bahwa konflik dapat meningkat dan mengganggu perdagangan internasional, yang dapat berdampak negatif pada ekonomi global dan permintaan mata uang kripto.

Kedua, pasar kripto juga terpengaruh oleh aksi ambil untung investor setelah kenaikan harga yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Banyak investor yang membeli mata uang kripto pada harga yang lebih rendah sekarang memilih untuk menjualnya untuk mengunci keuntungan mereka.

Ketiga, beberapa analis juga berpendapat bahwa penurunan pasar kripto saat ini disebabkan oleh aksi manipulasi harga oleh para pemain besar di pasar. Beberapa whale kripto diduga telah menjual mata uang kripto mereka dalam jumlah besar untuk memicu aksi jual dan menurunkan harga.

Dampak Penurunan Pasar Kripto

Penurunan pasar kripto saat ini telah berdampak negatif terhadap investor dan trader. Banyak investor yang mengalami kerugian besar karena nilai mata uang kripto mereka turun.

Beberapa investor bahkan terpaksa menjual aset mereka dengan harga yang lebih rendah dari harga beli untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Penurunan pasar kripto juga berdampak pada trader.

Baca juga: Web3 Kembali Diminati, Investasi Melonjak 55% di Q1 2024!

Meskipun beberapa tarder berhasil memanfaatkan volatilitas pasar untuk mendapatkan keuntungan, banyak tarder lainnya mengalami kerugian. Volatilitas pasar yang tinggi membuat sulit bagi trader untuk memprediksi arah pergerakan harga mata uang kripto.

Prospek Pasar Kripto

Meskipun pasar kripto sedang mengalami penurunan saat ini, prospek jangka panjangnya masih positif. Banyak analis percaya bahwa pasar kripto akan pulih dan mencapai level tertinggi baru dalam beberapa tahun mendatang.

Sentimen positif ini didorong oleh beberapa faktor, seperti meningkatnya adopsi mata uang kripto, perkembangan teknologi blockchain, dan dukungan dari pemerintah dan institusi keuangan.

Pada akhirnya, penurunan pasar kripto saat ini merupakan tantangan bagi investor dan trader. Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto masih dalam tahap awal pengembangan dan volatilitas harga merupakan hal yang wajar.

Investor dan trader harus tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi penurunan pasar. Dengan melakukan riset dan manajemen risiko yang baik, investor dan trader dapat memanfaatkan peluang yang muncul di pasar kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: