Market Masih Merah, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (17/4/24)?

Market Masih Merah, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (17/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Hari ini, 17 April 2024, pasar crypto tampaknya masih berada dalam kondisi yang tidak stabil. Analis kripto, Crypto Rus, memperingatkan bahwa meskipun ada beberapa perkembangan positif yang mendukung pasar, masih ada ketidakpastian yang mungkin memperburuk keadaan. Artikel ini akan menjelajakan faktor-faktor yang berpengaruh pada pasar crypto hari ini, dari pengaruh institusional hingga ketegangan geopolitik. Simak analisa lenngkapnya berikut ini!

ETF Spot Bitcoin dan Ethereum di Hong Kong

Crypto Rus menyoroti pengaruh besar dari persetujuan ETF spot Bitcoin dan Ethereum pertama di Hong Kong, yang dianggap sebagai langkah signifikan dalam adopsi crypto di pasar Asia. Namun, meskipun persetujuan ini telah memberi semangat kepada investor, ketidakpastian mengenai kapan perdagangan akan dimulai masih membayangi pasar.

Persetujuan ETF ini diharapkan akan membuka pintu bagi lebih banyak dana institusional untuk memasuki pasar crypto di Asia, khususnya di Hong Kong, yang sedang berupaya menjadi pusat crypto Asia. Namun, detail tentang pelaksanaannya yang belum jelas membuat pasar tetap waspada.

Baca Juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (17/4/24), Harga DEGEN Melonjak 22%

Adopsi Institusional oleh LBBW Jerman

Pernyataan dari LBBW, bank terbesar Jerman, tentang niatnya menjadi penyimpan crypto, juga memberi sinyal positif akan peningkatan adopsi institusional. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak lembaga keuangan konvensional yang melihat nilai dalam aset digital sebagai kelas aset.

Kendati demikian, Crypto Rus menggarisbawahi bahwa meskipun adopsi ini positif, pasar global masih belum sepenuhnya stabil. Kepercayaan dari institusi besar memang memberikan legitimasi, namun fluktuasi yang cepat dan ketidakpastian global masih menjadi faktor dominan yang mempengaruhi pasar.

Baca Juga: Saham dan Crypto di Ambang Koreksi Signifikan? Ini Analisa dari 10x Research!

Tantangan Geopolitik dan Tekanan Inflasi

inflasi as turun
Sumber: Crypto Economy

Ketegangan geopolitik, terutama meningkatnya konflik di Timur Tengah, terus menjadi sumber kekhawatiran yang dapat mengguncang pasar crypto. Di samping itu, tekanan inflasi yang meningkat telah mendorong investor untuk mencari aset seperti Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap depresiasi mata uang fiat.

Crypto Rus menegaskan bahwa walaupun Bitcoin sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, respons pasar terhadap gejolak geopolitik masih sulit diprediksi. Dengan kondisi ini, investor diharapkan untuk tetap waspada dan siap dengan strategi untuk menghadapi potensi volatilitas pasar.

Kesimpulan

Sementara ada beberapa perkembangan positif yang mendukung pertumbuhan pasar crypto, masih banyak tantangan yang menghadang. Dari ketidakpastian regulasi hingga tekanan geopolitik, faktor-faktor ini secara bersamaan mempengaruhi sentimen investor dan dinamika pasar. Para investor disarankan untuk tetap waspada dan melakukan diversifikasi portofolio untuk mengurangi risiko.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: