Market Merah Merona, Kenapa Crypto Turun Hari Ini (8/5/24)?

Market Merah Merona, Kenapa Crypto Turun Hari Ini (8/5/24)?

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto sedang mengalami penurunan hari ini karena beberapa faktor, termasuk tantangan ekonomi makro di Amerika Serikat dan sikap regulator yang lebih ketat dari Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Kapitalisasi pasar kripto secara keseluruhan tetap datar di angka $2,35 triliun pada tanggal 7 Mei, dengan berbagai mata uang kripto mengalami penurunan sedang. Gejolak sosial-politik, kekhawatiran atas dampak AI dalam industri, dan komentar negatif dari Ketua SEC Gary Gensler telah berkontribusi terhadap kemunduran di pasar kripto.

Tindakan regulator telah menargetkan perusahaan seperti Robinhood, Samourai Wallet, Uniswap, dan Consensys, yang memengaruhi industri di Amerika Serikat. Terlepas dari tantangan ini, dampak keseluruhan pada pasar kripto dari ketidakpastian regulasi mungkin lebih kecil dari yang diantisipasi. Simak berita lengkapnya ini!

Faktor Ekonomi Makro AS

prediksi suku bunga 2024
Sumber: CoinPedia

Pasar kripto sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi makro global, dan Amerika Serikat merupakan salah satu pemain utama dalam ekonomi global.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve AS dan kekhawatiran resesi telah menyebabkan investor menarik diri dari aset berisiko, termasuk kripto. Selain itu, inflasi yang tinggi dan meningkatnya biaya hidup telah mengurangi daya beli investor, yang juga berdampak negatif pada pasar kripto.

Tak hanya itu, SEC juga telah mengambil sikap yang lebih ketat terhadap industri kripto dalam beberapa bulan terakhir. Regulator telah meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan kripto dan telah mengambil tindakan penegakan hukum terhadap beberapa perusahaan yang diduga melanggar undang-undang sekuritas. Sikap regulator yang lebih ketat ini telah menciptakan ketidakpastian di pasar kripto dan membuat investor khawatir tentang risiko regulasi.

Baca Juga: TON Token Menguat 12% Seiring Dengan Telegram Mencapai 900 Juta Pengguna!

Komentar Negatif dari Ketua SEC

Ketua SEC Gary Gensler telah membuat beberapa komentar negatif tentang kripto dalam beberapa bulan terakhir. Gensler telah memperingatkan tentang risiko berinvestasi dalam kripto dan telah menyerukan regulasi yang lebih ketat. Komentar Gensler telah memperburuk sentimen investor dan berkontribusi terhadap penurunan pasar kripto.

Penurunan pasar kripto hari ini adalah hasil dari kombinasi faktor-faktor yang disebutkan di atas. Investor khawatir tentang kondisi ekonomi makro global, sikap regulator yang lebih ketat, dan komentar negatif dari Ketua SEC. Akibatnya, investor menarik diri dari pasar kripto, yang menyebabkan penurunan harga.

Kesimpulan

Pasar kripto sedang mengalami penurunan hari ini karena beberapa faktor, termasuk tantangan ekonomi makro di Amerika Serikat dan sikap regulator yang lebih ketat dari SEC. Investor khawatir tentang risiko berinvestasi dalam kripto dan menarik diri dari pasar, yang menyebabkan penurunan harga. Meskipun demikian, pasar kripto masih memiliki potensi jangka panjang yang besar dan dapat pulih dari penurunan saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi