Market Hijau di Weekend, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (8/3/24)?

Market Hijau di Weekend, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (8/3/24)?

Pasar crypto menunjukkan tanda-tanda kehijauan yang menggembirakan di akhir pekan ini, menimbulkan pertanyaan di benak banyak investor dan pengamat: mengapa pasar crypto mengalami kenaikan pada hari ini, 8 Maret 2024? Dengan berbagai faktor yang bermain, mulai dari pernyataan pejabat Federal Reserve hingga spekulasi seputar akuisisi Bitcoin oleh Tesla, berikut ini adalah gambaran lengkap tentang dinamika pasar crypto terkini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penegasan Ketua Fed Mengenai Dolar Digital

penegasan ketua the fed
Sumber: Akun X Billionaire

Jerome Powell, Ketua Federal Reserve, menegaskan bahwa Amerika Serikat masih “jauh dari” mengadopsi atau merekomendasikan mata uang digital bank sentral (CBDC). Dalam sidang di hadapan Komite Senat tentang Perbankan, Perumahan, dan Urusan Kota, Powell menekankan bahwa meskipun AS mempertimbangkan CBDC, bank sentral tidak tertarik pada sistem yang memungkinkan pengawasan terhadap pengguna.

Powell juga menanggapi kekhawatiran bahwa CBDC yang berfokus pada ritel dapat memungkinkan pengawasan dan “pemerintah akan melihat semua transaksi Anda” – menyoroti yuan digital China sebagai contoh. “Itu adalah sesuatu yang tidak akan kami dukung, lakukan, atau usulkan di Amerika Serikat,” katanya. Powell menambahkan bahwa jika Fed meluncurkan CBDC, itu akan dilakukan “melalui sistem perbankan,” bukan dengan memiliki akun individu untuk semua atau sebagian warga Amerika.

Baca Juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Bull Run 10x-100x Menjelang Halving 2024

Ekstradisi Do Kwon ke Korea Selatan

Do Kwon, salah satu pendiri Terraform Labs yang bangkrut, mungkin akan diekstradisi ke Korea Selatan, bukan ke Amerika Serikat, di mana ia akan menghadapi tuduhan. Pengadilan banding membatalkan keputusan sebelumnya oleh Pengadilan Tinggi di Podgorica, Montenegro, untuk mengekstradisi Kwon ke AS, dengan mengutip “pelanggaran signifikan terhadap ketentuan prosedur pidana.”

Menurut The Wall Street Journal, Kwon menyatakan preferensi untuk diekstradisi ke Korea Selatan, di mana ia akan lebih dekat dengan keluarganya. Kwon dilaporkan menghadapi hingga 40 tahun penjara di negara tersebut. Namun, jaksa di Amerika Serikat akan menentang keputusan terbaru pengadilan tinggi Montenegro, menyatakan bahwa mereka “terus mencari ekstradisi Kwon sesuai dengan perjanjian internasional dan bilateral yang relevan serta hukum Montenegro.”

Baca Juga: Prediksi Harga Dogecoin Sebelum Bitcoin Halving 2024: DOGE Siap Meledak 1000%

Tesla Membeli Bitcoin Lagi?

tesla membeli bitcoin
Sumber: Arkham Intelligence

Kepemilikan Bitcoin Tesla telah menjadi topik diskusi di komunitas crypto setelah platform analitik data crypto Arkham Intelligence menambahkan fitur pelacakan dompet Bitcoin Tesla ke dashboardnya. Dompet Tesla kini memiliki sekitar 11.509 BTC, 1.789 lebih banyak dari 9.720 BTC yang dilaporkan selama laporan pendapatan terakhirnya.

Spekulasi muncul bahwa Tesla mungkin membeli Bitcoin dan dapat mengungkapkannya selama panggilan pendapatan berikutnya, sementara yang lain percaya itu bisa menjadi kesalahan akuntansi. Hal ini menunjukkan bahwa pergerakan pasar crypto dapat dipengaruhi oleh kegiatan perusahaan besar dan spekulasi yang mengelilinginya.

Pasar crypto hari ini menunjukkan dinamika yang kompleks, dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari kebijakan bank sentral hingga kegiatan perusahaan teknologi besar. Ke depan, penting bagi investor untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dan menganalisis dampaknya terhadap pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: