Market Hijau di Tanggal Merah, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (8/2/24)?

Market Hijau di Tanggal Merah, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (8/2/24)?

Pasar crypto hari ini menunjukkan warna hijau yang dominan di tengah berbagai tantangan dan isu global. Kenaikan ini mengejutkan banyak pihak mengingat beberapa faktor yang seharusnya menekan nilai mata uang digital. Artikel ini akan menggali 3 alasan utama di balik kenaikan pasar crypto pada tanggal 8 Februari 2024. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Penyelesaian Kasus Eksekutif Crypto Berprofil Tinggi

kasus berprofil tinggi
Sumber: Akun X Inner City Press

Pemerintah Amerika Serikat telah meminta sidang untuk menangani potensi konflik kepentingan dalam kasus pidana dua eksekutif crypto berprofil tinggi. Jaksa AS telah menyoroti adanya potensi konflik kepentingan dalam kasus Sam Bankman-Fried, mantan CEO FTX, dan Alex Mashinsky, mantan CEO Celsius. Hal ini menimbulkan spekulasi di pasar yang berujung pada respons positif dari investor.

Kasus hukum yang melibatkan tokoh-tokoh penting di industri crypto seringkali menimbulkan ketidakpastian. Namun, langkah hukum terbaru ini dianggap oleh pasar sebagai langkah menuju resolusi yang lebih jelas, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan investor.

Baca Juga: Prediksi Mengejutkan: Harga Bitcoin akan Tembus $70.000 di Tahun 2024!

Industri Crypto Memimpin Investasi Fintech di Kanada

Laporan dari KPMG menunjukkan bahwa meskipun volume dan nilai kesepakatan secara signifikan menurun di Kanada pada tahun 2023, crypto tetap berada di puncak. Dengan 31 kesepakatan, ruang blockchain dan crypto memiliki lebih banyak kesepakatan daripada vertikal lain dalam fintech.

statistik teknologi keuangan kanada
Statistik teknologi keuangan Kanada untuk tahun 2023. Sumber: KPMG

Hal ini menunjukkan bahwa minat investor terhadap proyek fintech yang terkait dengan crypto tetap kuat, didorong sebagian oleh antisipasi persetujuan ETF Bitcoin spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat.

Ketertarikan yang berkelanjutan dari investor terhadap proyek-proyek crypto menandakan adanya optimisme di pasar. Hal ini berkontribusi pada sentimen positif yang mendorong kenaikan harga crypto.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik untuk Berinvestasi di Februari 2024!

ETF Bitcoin BlackRock di Puncak Aliran ETF

puncak aliran etf bitcoin
Sumber: Akun X Eric Balchunas

ETF Bitcoin spot BlackRock, Shares Bitcoin Trust (IBIT), telah mencatatkan aliran masuk sebesar $3,9 miliar sejak diluncurkan pada 11 Januari, menempatkannya di 0,16% teratas dari semua ETF yang diterbitkan di Amerika Serikat.

Data ini menunjukkan bahwa ada permintaan yang signifikan untuk produk crypto yang diatur, yang menambah kepercayaan pada pasar crypto secara keseluruhan.

Kenaikan aliran masuk ke dalam ETF Bitcoin menunjukkan bahwa investor institusional dan ritel sama-sama melihat nilai dalam crypto sebagai bagian dari portofolio investasi mereka. Hal ini memberikan dorongan positif bagi pasar crypto.

Kesimpulan

Pasar crypto hari ini menunjukkan ketahanan dan optimisme di tengah berbagai tantangan. Dari penyelesaian kasus hukum yang menimbulkan kepercayaan, kepemimpinan industri crypto dalam investasi fintech, hingga popularitas ETF Bitcoin, semua faktor ini berkontribusi pada kenaikan pasar. Ini menunjukkan bahwa, meskipun menghadapi volatilitas, pasar crypto tetap memiliki daya tarik yang kuat bagi investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: