Market Hijau di Awal Minggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (5/2/24)?

Market Hijau di Awal Minggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (5/2/24)?

Dunia crypto hari ini dipenuhi dengan berbagai peristiwa penting yang menarik perhatian banyak pihak. Pasalnya per hari ini 5 Februari 2024, sebagian token crypto sudah menghijau dan mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan. Dari pertemuan regulator Korea Selatan dengan pimpinan SEC AS hingga kemenangan yang dideklarasikan oleh Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengapa crypto naik hari ini?

Regulator Korea Selatan Akan Bertemu dengan Pimpinan SEC AS

Kepala Layanan Pengawas Keuangan (FSS) Korea Selatan, Lee Bok-Hyun, berencana untuk bertemu dengan Gary Gensler, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), untuk membahas tentang ETF Bitcoin spot. Lee Bok-Hyun mengungkapkan rencananya dalam presentasi rencana bisnis 2024 di Seoul, yang mencakup kunjungan ke pasar keuangan utama seperti New York.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas berbagai aspek pasar keuangan Korea Selatan, termasuk aset digital dan ETF Bitcoin spot. Kepala FSS menambahkan bahwa persetujuan baru-baru ini oleh SEC terhadap ETF Bitcoin spot memiliki dampak besar terhadap kebijakan keuangan dunia.

Baca Juga: Bitcoin Bakal Meroket? Studi Terbaru Memprediksi Harga Bitcoin Bisa Tembus $150.000!

Nayib Bukele Diperkirakan Menang dalam Pemilu El Salvador

Nayib Bukele, pendukung Bitcoin, diperkirakan akan memenangkan pemilu umum El Salvador setelah data exit poll menunjukkan dia memenangkan 87% suara. Meskipun hasil resmi belum dirilis, Bukele telah mengumumkan kemenangannya di platform X, mengklaim partainya mendapatkan lebih dari 85% suara.

nayib bukele menang telak
Sumber: Akun X CID Gallupx

Bukele telah menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut pada September 2021, di samping inisiatif lain yang mendukung cryptocurrency. Wakil Presiden Félix Ulloa dilaporkan mengonfirmasi bahwa strategi Bitcoin Bukele tidak akan berubah jika dia terpilih kembali.

Baca Juga: Bitcoin Akan Mengalami Bull Run Terakhir? Pakar Crypto Charlie Shrem Ungkap Hal Ini!

Penurunan Penjualan Bitcoin Ordinals di Bulan Januari

penurunan penjualan bitcoin ordinals
Sumber: Akun X Will

Meskipun hari ini market crypto dominan hijau, ada kabar yang tak mengenakkan dari Bitcoin Ordinals. Pasalnya, inskripsi Ordinals di jaringan Bitcoin kehilangan momentum pada bulan Januari, dengan penjualan menurun sebesar 61% menjadi $335 juta. Ordinals sempat mencapai puncaknya dengan penjualan $868 juta pada Desember tahun lalu.

Menurut pakar blockchain antarpemerintah, Anndy Lian, penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh kejenuhan di pasar NFT. Dengan semakin banyak proyek dan seniman yang memasuki ruang ini, pembeli kini dihadapkan pada banyak pilihan, terutama ketika blockchain lain seperti Solana mulai mendapatkan lebih banyak perhatian.

Kesimpulan

Dunia crypto terus bergerak dengan cepat, membawa berbagai peristiwa penting yang mempengaruhi pasar dan komunitas crypto secara keseluruhan. Dari diskusi tentang ETF Bitcoin hingga pemilu di El Salvador, setiap peristiwa memiliki dampaknya masing-masing terhadap dinamika pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: