BTC Tembus Rp1 Milyar Lebih, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (4/3/24)?

BTC Tembus Rp1 Milyar Lebih, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (4/3/24)?

Pasar crypto hari ini menyaksikan lonjakan dramatis, dengan Bitcoin (BTC) menembus angka Rp1 milyar lebih. Pemicunya, antara lain, adalah pencetakan 1 miliar USDT oleh Tether Treasury dan peningkatan adopsi crypto di berbagai sektor. Kira-kira apa faktor dibalik kenaikan harga BTC dan pasar crypto hari ini per 4 Maret 2024? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pencetakan USDT dan Dampaknya pada Pasar

minting usdt
Sumber: Akun X Elja

Tether Treasury baru-baru ini mencetak 1 miliar USDT, memicu spekulasi luas di sektor crypto. Ini bukan kali pertama Tether’s minting berdampak pada harga Bitcoin. Pada Januari, pencetakan 2 miliar USDT berlangsung selama sepuluh hari, bertepatan dengan kenaikan harga Bitcoin.

Spekulasi pasar mengenai penggunaan dana USDT baru ini untuk “pompa” harga koin tertentu menambah dinamika pasar. Namun, CEO Tether, Paolo Ardoino, menjelaskan bahwa 1 miliar USDT tersebut ditujukan untuk permintaan penerbitan masa depan dan pertukaran rantai, bukan untuk dampak pasar langsung.

Baca Juga: Shiba Inu Melonjak 180% dalam 7 Hari, Mengapa SHIB Naik Hari Ini (4/3/2024)?

Adopsi dan Integrasi Crypto Meningkat

adopsi dan integrasi coinbase
Sumber: Akun X Jesse Pollak

Coinbase memperkenalkan smart contracts terintegrasi untuk pengembang, menargetkan titik nyeri saat membangun aplikasi Web3. Langkah ini diharapkan dapat mempermudah integrasi lintas aplikasi Ethereum Virtual Machine (EVM), meningkatkan adopsi dan penggunaan crypto.

Di sisi lain, Binance menghapus naira Nigeria dari layanan P2P-nya, mengikuti klaim pemerintah bahwa platform tersebut berkontribusi pada depresiasi mata uang. Keputusan ini mencerminkan tantangan regulasi yang dihadapi industri crypto, sekaligus menunjukkan dampaknya terhadap nilai tukar lokal.

Baca Juga: PEPE Meroket 54,70% dalam 24 Jam, Mengapa Pepecoin Naik Hari Ini (4/3/24)?

Kinerja Bitcoin dan Altcoin

ath bitcoin
Nilai tertinggi sepanjang masa (ATH) Bitcoin terhadap mata uang fiat pada 28 Februari 2024. Sumber: Sam Wouters di X

Bitcoin mencatat rekor baru terhadap euro dan menargetkan peso Meksiko sebagai tantangan berikutnya. Kinerja ini menandakan momentum positif untuk Bitcoin dan mungkin altcoin lainnya, karena investor dan pedagang mencari aset yang aman di tengah ketidakpastian pasar global.

Peningkatan harga Bitcoin juga mencerminkan sentimen bullish di pasar crypto, dengan investor mengantisipasi lebih banyak kenaikan di tengah perkembangan positif di sektor ini.

Dengan adanya berbagai faktor yang mendorong pasar crypto hari ini, seperti pencetakan USDT oleh Tether dan peningkatan integrasi teknologi crypto, investor dan pedagang tetap waspada terhadap pergerakan harga selanjutnya. Momentum positif ini bisa menjadi peluang bagi mereka yang mencari keuntungan di pasar crypto, tetapi juga memerlukan pemahaman yang mendalam tentang risiko yang terlibat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi