Bitcoin Tembus Rp900 Juta, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (28/2/24)?

Bitcoin Tembus Rp900 Juta, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (28/2/24)?

Dalam pergerakan pasar yang mengejutkan, Bitcoin (BTC) melonjak ke titik tertinggi dalam 27 bulan terakhir, mencapai $57.513 atau sekitar Rp900 juta, dan mendorong pasar crypto secara keseluruhan ke arah yang positif. Kenaikan ini didorong oleh sentimen investor yang meningkat dan aliran masuk positif ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin spot (ETF). Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Investor Institusional Terus Membeli

microstrategy akumulasi bitcoin
Sumber: Akun X Michael Saylor

Rally Bitcoin baru-baru ini terjadi beberapa hari setelah MicroStrategy mengumumkan pembelian tambahan 3.000 BTC senilai total $155 juta. Pembelian ini menambah total kepemilikan MicroStrategy menjadi 193.000 BTC, yang diperoleh dengan harga rata-rata $31.544 per BTC.

Selain itu, sembilan ETF Bitcoin spot baru telah mengumpulkan total 300.000 BTC, senilai $17 miliar, sejak debut publik mereka pada 11 Januari. Aliran masuk bersih sekarang telah melampaui $6 miliar, yang berarti sembilan ETF spot tersebut sekarang memegang 1,5% dari total pasokan maksimum Bitcoin sebanyak 21 juta BTC.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Kumpulkan 300 Ribu BTC dengan Arus Masuk Bersih Capai $6 Miliar!

Antisipasi Halving Mendatang Mendukung Harga Bitcoin

Menurut Alex Adelman, pendiri dan CEO aplikasi hadiah Bitcoin Lolli, lonjakan harga BTC “menandakan secara de facto awal pasar bull baru” menjelang “halving Bitcoin” yang akan datang pada 20 April.

Halving Bitcoin adalah peristiwa di mana hadiah untuk menambang blok baru di blockchain Bitcoin dipotong setengah, yang setelah halving berikutnya, hadiah BTC yang diberikan kepada penambang akan berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok.

Baca Juga: Bitcoin Meroket Lampaui $56.000 dan Capai Nilai Tertinggi Sejak 2021, Apa Faktornya?

Lonjakan Likuidasi Short Bitcoin

lonjakan harga btc
Sumber: Market Pintu

Kenaikan BTC di atas tanda $57.000 telah menyebabkan lonjakan dalam likuidasi posisi leverage crypto. Analis Bitcoin, On-Chain College, mengamati kenaikan BTC di atas $53.000, yang memicu “likuidasi short Bitcoin sekitar $18 juta dalam 15 menit”. Data dari Coinglass menunjukkan likuidasi posisi short crypto sebesar $262 juta dalam 24 jam terakhir dibandingkan dengan $120 juta likuidasi posisi long.

Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan tampaknya berada pada awal fase bullish baru, dengan banyak peserta pasar mengantisipasi kelanjutan aksi harga bullish Bitcoin yang akan memimpin pasar ke dalam bull run yang sangat ditunggu-tunggu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: