Bitcoin Naik 5% dalam 24 Jam, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (27/2/24)?

Bitcoin Naik 5% dalam 24 Jam, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (27/2/24)?

Dalam sebuah pergerakan pasar yang mengejutkan, harga Bitcoin melonjak 5% dalam 24 jam terakhir, mencapai puncak baru dua tahun pada $54.360 atau Rp859 juta (kurs $1 = Rp15.600). Lonjakan ini tidak hanya mempengaruhi Bitcoin tetapi juga mendorong kenaikan signifikan di seluruh pasar crypto.

kenaikan harga btc hari ini 27 feb
Sumber: Market Pintu

Kira-kira apa faktor utama dibalik kenaikan harga Bitcoin dan crypto lainnya hari ini per 27 Februari 2024? Mari kita telusuri faktor-faktor yang berkontribusi pada kenaikan dramatis ini!

Aliran Masuk ETF Bitcoin dan Sentimen Investor

inflow aset
Aliran modal untuk produk investasi kripto. Sumber: CoinShares

Salah satu faktor utama di balik kenaikan harga Bitcoin adalah aliran masuk yang konsisten ke dalam produk investasi Bitcoin, yang mencatat 99% dari semua aliran masuk selama 7 hari terakhir. Dengan total aset global di bawah manajemen mencapai $67,5 miliar, kepercayaan investor terhadap Bitcoin tampaknya semakin kuat.

Selain itu, ETF Bitcoin terus melihat aliran masuk, dengan total $5,5 miliar sejak debut pasar mereka pada 11 Januari. Kenaikan harga Bitcoin juga didorong oleh komentar bullish dari pendiri BitMEX, Arthur Hayes, yang menekankan pentingnya orakel on-chain dalam penemuan harga di bursa terdesentralisasi.

Baca Juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Bull Run di Maret 2024!

Akumulasi oleh Investor Institusional

akumulasi btc oleh microstrategy
Sumber: Akun X Michael Saylor

MicroStrategy, pemegang Bitcoin korporat terbesar, menambah tema bullish dengan mengumumkan pembelian tambahan 3.000 BTC senilai $155 juta. Akumulasi terus-menerus oleh investor institusional seperti MicroStrategy kemungkinan akan menular ke pedagang ritel, yang mungkin akan membeli lebih banyak BTC dengan harapan kenaikan harga.

Selain itu, sepuluh ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat telah mengumpulkan total 5.500 BTC sejak peluncuran pada 11 Januari. Ini menunjukkan minat yang terus meningkat dari investor institusional terhadap Bitcoin.

Baca Juga: 5 Token Meme yang akan Mendominasi Bull Run Crypto 2024!

Minat Meningkat di Pasar Futures Bitcoin

bitcoin futures open interest
Bitcoin Futures Open Interest (USD). Sumber: Coinglass

Data Coinglass menunjukkan peningkatan minat dalam pasar futures Bitcoin, naik 102% dari pertengahan Oktober hingga nilai saat ini sebesar $23,43 miliar. Peningkatan ini menandakan kembali minat investor terhadap cryptocurrency pionir ini.

Sebagai akibat dari lonjakan harga terbaru, posisi short Bitcoin senilai $41,85 juta telah dilikuidasi pada 26 Februari, menunjukkan bahwa banyak yang bertaruh melawan Bitcoin telah terpaksa menutup posisi mereka.

Kesimpulan

Kenaikan harga Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan hari ini menunjukkan kembali kepercayaan investor terhadap aset digital ini. Dengan aliran masuk yang konsisten ke dalam produk investasi Bitcoin, akumulasi oleh investor institusional, dan peningkatan minat di pasar futures, masa depan Bitcoin tampak cerah. Namun, investor disarankan untuk tetap waspada dan melakukan riset mereka sendiri sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: