Harga Altcoin Naik 10% – 100%, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (26/3/2024)?

Harga Altcoin Naik 10% – 100%, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (26/3/2024)?

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah pergerakan pasar yang mengejutkan, harga Bitcoin kembali melonjak di atas $70.000 untuk pertama kalinya dalam seminggu, menandai pemulihan dari serangkaian aliran keluar negatif ke dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot minggu lalu. Ini menimbulkan pertanyaan besar di benak para investor dan penggemar crypto: apa yang mendorong kenaikan harga crypto hari ini? Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Pemulihan dari Aliran Keluar ETF

inflows btc
Sumber: Coinshares

Minggu lalu, industri crypto mengalami aliran keluar bersih dari produk investasi crypto lebih dari $942 juta, menandai akhir dari siklus 7 minggu aliran masuk. Laporan CoinShares mencatat bahwa ini adalah aliran keluar pertama setelah rekor 7 minggu berturut-turut dengan total aliran masuk sebesar $12,3 miliar.

Aliran keluar besar-besaran ini sebagian besar difokuskan pada Bitcoin, yang menyumbang “96% dari aliran” dengan total $904 juta. Analis Bloomberg, James Seyffart, menyarankan bahwa aliran keluar besar dari ETF Bitcoin spot minggu lalu kemungkinan didorong oleh penjualan saham GBTC oleh pemberi pinjaman yang bangkrut, Genesis.

Baca Juga: 8 Cryptocurrency yang Wajib Dibeli Sebelum Bull Run Halving 2024

Lonjakan Metrik Age Consumed

lonjakan metrik btc
Sumber: Akun X James Seyffart

Bitcoin baru-baru ini mengalami lonjakan signifikan dalam metrik Age Consumed selama beberapa hari terakhir. Menurut data dari firma intelijen pasar Santiment, jumlah alamat BTC yang tidak aktif yang memindahkan BTC melonjak menjadi 162,89 juta pada 23 Maret, tertinggi dalam lebih dari dua tahun.

bitcoin age consumed
Bitcoin: Age consumed. Sumber: Santiment

Lonjakan dalam Age Consumed menunjukkan bahwa alamat yang sebelumnya tidak aktif yang menyimpan Bitcoin kini kembali beredar, menandakan kebangkitan aktivitas jaringan. Hal ini dibuktikan dengan lonjakan volume transaksi, yang merupakan pendahulu potensi lonjakan harga dalam harga BTC.

Baca Juga: 8 Memecoin Teratas Untuk Dibeli dan HODL di Meme Coin Season 2024!

Apakah Altcoin Season Akan Datang?

Laporan CoinShares mencatat bahwa altcoin “berkembang baik” minggu lalu, “melihat aliran masuk bersih sebesar $16 juta.” Yang paling menonjol adalah Polkadot (DOT) dengan aliran masuk $5 juta, Avalanche (AVAX) dengan $2,9 juta, dan Litecoin (LTC) dengan $2 juta.

Sejumlah altcoin kapitalisasi besar telah mengungguli Bitcoin selama seminggu terakhir. Mereka dipimpin oleh BNB Chains’ BNB, Dogecoin (DOGE), dan Toncoin (TON), yang masing-masing menghasilkan keuntungan 7%, 20%, dan 46% dalam tujuh hari terakhir. Meskipun Bitcoin hanya naik 4,5% selama periode yang sama, ini telah mengungguli sebagian besar altcoin selama periode yang sama, termasuk Ethereum.

Kesimpulan

Dalam pertarungan harga yang mengejutkan ini, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda vitalitas yang belum pernah terlihat sebelumnya, menimbulkan spekulasi dan harapan baru di antara para investor dan penggemar crypto. Apakah ini awal dari musim altcoin yang telah lama ditunggu-tunggu, atau hanya kenaikan sementara yang akan segera mereda?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: