BTC Melonjak 6%, Pasar Crypto Menghijau: Mengapa Crypto Naik Hari Ini (25/3/24)?

author:

BTC Melonjak 6%, Pasar Crypto Menghijau: Mengapa Crypto Naik Hari Ini (25/3/24)?

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto hari ini menunjukkan gejala bullish yang mengejutkan, menarik perhatian para investor dan analis di seluruh dunia.

Lonjakan harga yang signifikan di berbagai mata uang digital telah memicu spekulasi dan analisis mendalam tentang faktor-faktor yang mendorong gelombang optimisme ini.

Pasar Crypto Meledak Hari Ini

Sumber: Pintu Market

Pada saat penulisan (25/3/24), pasar crypto terlihat menghijau dengan banyaknya aset crypto yang mengalami kenaikan harga. Dilansir dari laman Pintu market, harga BTC tengah melonjak 6,10%, diikuti oleh ETH yang juga naik 5,04%, USDT 0,12%, sampai dengan TON dengan 11,30% dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Top 5 RWA (Real World Asset) Crypto List di Tahun 2024!

Sumber: Pintu Market

Selain itu, crypto RWA juga berhasil menarik perhatian dengan lonjakan nilai yang signifikan, menempatkan diri di kategori top movers pada laman Pintu market. POLYX melonjak 43,85%, GFI 40,95%, dan TOKEN 40,23% dalam waktu 24 jam.

Lalu, apa yang menyebabkan pasar crypto naik hari ini?

Kapitalisasi Pasar Crypto Sentuh $2,56 Triliun

Dilansir dari Coingape (25/3/24), pasar crypto telah mendapatkan keuntungan dari akhir pekan dengan mencatat angka positif dalam berbagai metrik. Total kapitalisasi pasar crypto naik 3,5% hari ini menjadi $2,56 triliun di awal minggu dengan arus masuk baru.

Tidak hanya itu, keuntungan baru ditandai dengan harga aset crypto, arus masuk institusional, dan volume DeFi serta lonjakan total TVL yang terkunci nilai dalam 24 jam terakhir.

Indikator utamanya adalah peningkatan tajam 15% dalam volume perdagangan dalam kerangka waktu yang sama. Volume perdagangan aset kripto mencapai $ 81,2 miliar sementara volume DeFi berkisar di sekitar $ 8,05 miliar, melonjak 9%.

Baca juga: BlackRock Menambahkan Kepemilikan Bitcoin Jadi 242 Ribu di Tengah Rekor Arus Keluar ETF!

Mengapa Pasar Crypto Naik Hari Ini?

Menurut laporan, para analis berpendapat bahwa alasan utama kenaikan ini adalah antisipasi terhadap halving yang dianggap sebagai peristiwa bullish dalam beberapa hari ke depan.

Setelah berlalunya ETF Bitcoin spot, penambang, dan pedagang beralih ke halving hedging posisi mereka melalui berbagai strategi. Para penambang juga terlihat memindahkan aset dan berebut perangkat keras penambangan lama untuk meningkatkan kapasitas.

Selain itu, para ahli memperkirakan adanya rebound setelah koreksi minggu lalu. Koreksi yang menyebabkan arus keluar diperlambat oleh reaksi terhadap pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Keputusan untuk mempertahankan suku bunga dan petunjuk untuk pemangkasan di akhir tahun ini dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik bagi pasar.

Namun, dampak mingguan tetap tinggi seperti yang dilaporkan oleh arus keluar dari produk aset kripto. Minggu lalu, produk aset digital mencatat arus keluar sebesar $942 juta, arus keluar pertama dalam tujuh minggu terakhir.

Secara keseluruhan, pasar crypto saat ini berada di tengah-tengah gelombang optimisme, didorong oleh faktor eksternal, inovasi teknologi, dan sentimen pasar yang positif.

Meskipun pasar crypto dikenal dengan volatilitasnya, tren saat ini menunjukkan adanya momentum yang kuat yang bisa membawa ke arah bullish yang berkelanjutan. Investor disarankan untuk tetap waspada dan melakukan riset mendalam sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: