Market Hijau di Weekend, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (22/3/24)?

Market Hijau di Weekend, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (22/3/24)?

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto hari ini menunjukkan warna hijau yang cerah, dengan kapitalisasi pasar mata uang kripto yang pulih tajam, menghapus sebagian besar kerugian yang sebelumnya dialami. Pada 21 Maret, valuasi pasar crypto melonjak kembali ke $2,498 triliun setelah jatuh ke titik terendah dua minggu sebesar $2,208 triliun sehari sebelumnya, mencatat lonjakan 13%. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebangkitan Bitcoin dan Ethereum

marketcap btc dan eth
Grafik kinerja harian kapitalisasi pasar kripto vs. BTC/USD dan ETH/USD. Sumber: TradingView

Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), dua mata uang kripto teratas, memimpin kenaikan dengan masing-masing naik sekitar 12,5% dan 16,5% dalam periode yang sama. Kenaikan ini didorong oleh optimisme yang kembali ke pasar crypto terutama setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 20 Maret.

Pejabat Federal Reserve Amerika Serikat mempertahankan proyeksi mereka untuk tiga pemotongan suku bunga pada tahun 2024, menunjukkan pendekatan hati-hati terhadap pengurangan portofolio obligasi mereka. Pandangan mereka menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu khawatir tentang kenaikan inflasi baru-baru ini.

Baca Juga: Prediksi Bullish Bernstein: Harga Bitcoin (BTC) Berpotensi ke $90.000!

Euforia Halving Bitcoin

euforia halving
Sumber: Akun X Dovey

Pemulihan pasar crypto juga terjadi sebagai respons terhadap euforia halving Bitcoin yang persisten. Pasar tetap optimis tentang prospek kenaikan Bitcoin sebelum dan setelah acara halving yang dijadwalkan pada April. Optimisme ini bertahan meskipun ada koreksi 17,5% pada mata uang kripto dan perlambatan baru-baru ini dalam aliran masuk ke dana yang diperdagangkan di bursa (exchange-traded fund atau ETF) spotnya.

Misalnya, Dovey Wan, pendiri firma investasi Primitive Ventures, memperlakukan penurunan harga Bitcoin saat ini sebagai tahap kedua dari fase “tiga kaki” seputar halving, di mana BTC mengalami koreksi 30-30% tetapi mengikuti langkah-langkah tersebut dengan rebound bullish yang kuat.

Baca Juga: Avalanche Foundation Luncurkan Program Memecoin Rush, Siap-Siap Cuan!

Lonjakan Pasar dan Likuidasi

likuidasi heatmap
Crypto liquidation heatmap. Sumber: Coinglass

Lonjakan di pasar mata uang kripto telah memicu sejumlah besar likuidasi posisi short, hampir mencapai $180 juta hanya dalam 24 jam. Posisi short Bitcoin memimpin gelombang likuidasi ini, dengan total $65,50 juta; diikuti oleh Ether dengan $47,38 juta dalam likuidasi.

Meskipun tantangan bagi penjual short, minat terbuka pasar crypto meningkat, seperti yang dicatat oleh platform analisis perdagangan crypto Coinalyze. Minat terbuka, yang menghitung total nilai kontrak berjangka yang belum diselesaikan di bursa, adalah barometer untuk aktivitas pasar dan suasana investor. Lonjakan dalam minat terbuka biasanya menunjukkan keterlibatan pasar yang meningkat dan sentimen investor yang positif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: