Altcoin Menghijau, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (22/4/24)?

Altcoin Menghijau, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (22/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto hari ini menunjukkan kenaikan signifikan dengan kapitalisasi pasar total naik 2,65% menjadi $2,38 triliun pada 22 April. Kenaikan ini dipimpin oleh mata uang crypto utama seperti Bitcoin dan Ether, yang masing-masing naik 2,40% dan 2,80%. Tren positif ini dipicu oleh beberapa faktor yang akan dibahas lebih lanjut di bawah!

Kembalinya Suasana Resiko Positif

risk on mood crypto
Grafik kinerja harian futures S&P 500 E-mini berjangka. Sumber: TradingView

Hari ini, pasar crypto mendapat dorongan dari kembali pulihnya suasana berisiko (risk-on mood) di pasar tradisional. Pada 22 April, futures S&P 500 naik hingga 0,33% mencapai 5.031 poin, menandakan bahwa investor mulai beralih fokus dari ketegangan geopolitik di Timur Tengah ke laporan pendapatan perusahaan besar seperti Microsoft, Meta, dan Alphabet yang akan dirilis minggu ini.

Survei terbaru dari Bloomberg menunjukkan bahwa dua pertiga dari 409 responden percaya bahwa laporan keuangan akan meningkatkan benchmark ekuitas AS. Ini adalah tingkat kepercayaan tertinggi terhadap profit perusahaan sejak survei dimulai pada Oktober 2022. Sentimen positif di S&P 500 juga meningkatkan pasar crypto, didukung oleh korelasi positif selama 30 hari terakhir yang mencapai level tertinggi dalam sebulan di angka 0,82.

Baca Juga: Top 10 Crypto Influencer X yang Wajib Kamu Follow, Elon Musk Salah Satunya!

Aliran Dana Bersih Positif ke ETF Bitcoin

aliran dana bersih ke bitcoin
Tabel kinerja harian arus bersih ETF Bitcoin. Sumber: Farside Investors

Pemulihan di pasar crypto hari ini juga berkat aliran dana bersih positif ke dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin setelah mengalami aliran keluar signifikan. Pada 19 April, dana-dana ini secara kolektif menerima sekitar $60 juta, menandai aliran dana bersih harian positif pertama setelah mengalami aliran keluar sebesar $319 juta selama tujuh hari sebelumnya. Sejak itu, kapitalisasi pasar crypto telah naik sekitar 14%.

Aliran dana bersih positif ke ETF Bitcoin setelah periode penurunan harga menunjukkan bahwa investor optimis tentang keuntungan di masa depan. Mereka menggunakan penurunan sebagai kesempatan untuk membeli dengan harga yang lebih rendah dengan harapan pasar crypto akan pulih.

Baca Juga: Top 5 Coin Crypto di Solana 2024!

Peningkatan Aktivitas di Pasar Derivatif Crypto

pasar derivatif
Metrik derivatif crypto dengan kinerja 24 jam. Sumber: Coinglass

Kenaikan pasar crypto hari ini juga bertepatan dengan peningkatan aktivitas perdagangan di pasar derivatif. Misalnya, minat terbuka (open interest) di pasar opsi dan futures telah tumbuh 1,84% dan 1,19% dalam 24 jam terakhir, menunjukkan peningkatan spekulasi di antara investor ritel. Sentimen serupa terlihat di kalangan investor institusional, dengan minat terbuka futures Bitcoin CME naik 1,70% dalam periode yang sama.

Kenaikan 8,81% dalam volume futures 24 jam juga terlihat. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa likuiditas pasar meningkat, yang biasanya berkontribusi pada lingkungan perdagangan yang lebih stabil. Aktivitas yang meningkat di pasar futures sering kali mendahului pergerakan pasar spot, mengindikasikan peningkatan kepercayaan investor.

Kesimpulan

Pasar crypto hari ini menunjukkan pertumbuhan yang kuat berkat kombinasi pemulihan suasana berisiko positif di pasar tradisional, aliran dana bersih positif ke ETF Bitcoin, dan peningkatan aktivitas di pasar derivatif. Ini adalah waktu yang menarik bagi pasar crypto, dan pengamat pasar harus terus memantau indikator-indikator ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang arah pasar selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: