Bitcoin Halving Countdown, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (1/4/24)?

Bitcoin Halving Countdown, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (1/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Pada awal bulan April 2024, pasar crypto menyaksikan lonjakan harga Bitcoin (BTC) yang mencapai $71.000, menandai momen penting menjelang peristiwa halving Bitcoin yang sangat dinantikan. Meskipun harga sempat turun ke level $70.500, antusiasme pasar tetap tinggi dengan perhitungan mundur halving yang kini hanya tinggal 2.818 blok lagi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menghitung Mundur Halving Bitcoin

hitung mundur halving
Sumber: Akun X Nischal

Peristiwa halving Bitcoin, yang diperkirakan terjadi pada 21 April 2024, telah menjadi topik hangat di media sosial selama akhir pekan. Halving ini, yang secara historis memicu pergerakan harga signifikan di pasar mata uang digital, kembali menarik perhatian global.

Nischal Shetty, pendiri bursa crypto WazirX, menyatakan bahwa perbincangan global mengenai halving Bitcoin menunjukkan tanda-tanda awal adopsi massal aset kripto.

Baca Juga: Dampak Halving Bitcoin: Penambang AS Terancam Gulung Tikar

Optimisme Pasar Meningkat

Seiring dengan kembali naiknya BTC ke $71.000, Fear & Greed Index Bitcoin, yang merupakan barometer sentimen investor, telah beralih ke wilayah “Extreme Greed” dengan skor 79. Perubahan ini menandakan optimisme yang berkembang di antara investor, yang mungkin dipicu oleh pemotongan pasokan yang dijanjikan oleh peristiwa halving.

Selain itu, kapitalisasi pasar total crypto telah mencapai $2,827 triliun, meningkat 2,1% dalam 24 jam terakhir. Kenaikan ini mencerminkan kepercayaan yang lebih luas yang meresap ke pasar, didorong oleh kinerja luar biasa Bitcoin dan kegembiraan spekulatif seputar halving.

Baca Juga: Mengapa Tanggal Halving Bitcoin Terus Berubah? Inilah Alasannya!

Pasar Bersiap untuk Fluktuasi

Aktivitas pasar yang frenetik juga ditandai dengan total likuidasi yang mencapai lebih dari $108 juta selama 24 jam terakhir. Angka ini menyoroti sifat volatil pasar, dengan jumlah signifikan yang dipertaruhkan saat para trader memposisikan diri menjelang fluktuasi yang diharapkan.

Sementara pasar crypto mengalami kebangkitan, investor juga memperhatikan data makroekonomi yang akan datang. Angka Non-Farm Payroll dan data pengangguran minggu ini dapat berdampak signifikan pada pasar keuangan yang lebih luas.

Kesimpulan

Dengan perhitungan mundur halving Bitcoin yang semakin dekat, pasar crypto hari ini menyaksikan kenaikan harga yang signifikan. Optimisme yang berkembang di antara investor, ditambah dengan ekspektasi pemotongan pasokan, telah mendorong sentimen positif di pasar. Namun, dengan volatilitas yang tetap menjadi ciri khas pasar crypto, para pelaku pasar harus tetap waspada terhadap potensi fluktuasi yang mungkin terjadi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: