Market Hijau di Awal Minggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/2/24)?

Market Hijau di Awal Minggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/2/24)?

Memasuki minggu baru, pasar crypto menyajikan pemandangan yang menggembirakan dengan warna hijau mendominasi papan skor. Peningkatan nilai ini menimbulkan pertanyaan, “Mengapa crypto mengalami kenaikan hari ini, 19 Februari 2024?” Dalam artikel ini, kita akan menggali faktor-faktor yang berkontribusi pada tren positif ini, melihat lebih dekat pada dinamika pasar, investor yang semakin percaya diri, dan peristiwa-peristiwa kunci yang membentuk arah pasar saat ini!

Konsolidasi Harga Bitcoin

harga bitcoin konsolidasi
Sumber: Market Pintu

Bitcoin, sebagai pemimpin pasar crypto, kembali menjadi pusat perhatian dengan konsolidasi harganya di sekitar $52.000 setelah sempat mengalami penurunan hingga $50.680. Kenaikan cepat hampir $1.500 dalam beberapa jam menunjukkan ketahanan dan daya tarik yang kuat di antara para investor.

Perubahan perilaku trader terlihat di akhir pekan, dengan pembelian spot yang mereda dan dominasi transaksi yang didorong oleh pembeli. Namun, kehadiran pembeli spot kembali terlihat, terutama di Binance, menandakan kembalinya kepercayaan investor terhadap Bitcoin.

Baca Juga: Harga Bitcoin Bersiap Hadapi Gempa Bumi $6,9 Triliun? Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Kepercayaan Investor Meningkat

bitcoin etf flow
Sumber: Akun X BitMEX Research

Rekor masuknya dana ke dalam Bitcoin ETFs, yang mencapai lebih dari $2.2 miliar dalam satu minggu, menandakan peningkatan kepercayaan investor. BlackRock’s IBIT dan Fidelity’s FBTC menjadi pemimpin dengan aliran dana masuk yang signifikan, menunjukkan bahwa Bitcoin semakin diterima sebagai kelas aset yang layak.

Meskipun Grayscale’s GBTC mengalami penarikan dana, tren positif dalam ETFs Bitcoin menggarisbawahi pengaruh signifikan dari persetujuan SEC dan meningkatnya minat institusional terhadap crypto.

Baca Juga: Harga Bitcoin Diramalkan akan Alami Koreksi 40% Sebelum Meroket ke $150.000!

Kesulitan Penambangan Bitcoin dan Dampaknya

kesulitan mining bitcoin naik
Kesulitan menambang Bitcoin pada 16 Februari. Sumber: BTC.com

Tingkat kesulitan penambangan Bitcoin yang mencapai rekor 80 triliun menetapkan panggung untuk peningkatan yang diantisipasi menjelang peristiwa Bitcoin halving. Hal ini menuntut lebih banyak daya komputasi dari para penambang dan dapat mempengaruhi stabilitas jaringan serta dinamika harga Bitcoin.

Peningkatan kesulitan ini menandakan persaingan yang lebih ketat dan kebutuhan sumber daya yang lebih besar, yang mungkin memaksa beberapa penambang untuk menjual Bitcoin mereka untuk menutupi biaya operasional, berpotensi memberikan tekanan jual pada harga Bitcoin.

Kesimpulan

Dengan pasar yang menunjukkan stabilitas dan kepercayaan investor yang meningkat, minggu ini membuka peluang baru bagi crypto. Meskipun ada beberapa tantangan, seperti kesulitan penambangan Bitcoin yang meningkat, dinamika pasar saat ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang kuat. Investor dan trader disarankan untuk terus memantau level teknis kunci dan indikator pasar untuk menavigasi tren pasar crypto yang dinamis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi