Market Sempat Merah Merona dalam Seminggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (15/4/24)?

Market Sempat Merah Merona dalam Seminggu, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (15/4/24)?

Jakarta, Pintu News – Dalam seminggu terakhir, pasar crypto mengalami penurunan signifikan, namun hari ini menunjukkan pemulihan yang mengejutkan. Keputusan yang sangat ditunggu-tunggu mengenai ETF spot Bitcoin di Hong Kong menjadi salah satu faktor utama yang mendorong lonjakan harga ini. Tidak hanya itu, Bitcoin Halving pun juga ambil peran dalam pergerakan harga market. Artikel ini akan menjelaskan beberapa dinamika yang terlibat dalam fluktuasi pasar ini dan mengapa hari ini menjadi hari yang cerah bagi investor crypto!

Pengaruh Hong Kong Terhadap Bitcoin

Keputusan terkait ETF spot Bitcoin oleh otoritas Hong Kong telah memberikan harapan baru bagi investor crypto. Antisipasi positif ini telah mendorong kenaikan harga Bitcoin kembali melebihi $65.000.

Pasar mengamati dengan saksama karena ETF, yang memungkinkan investor untuk berpartisipasi dalam pasar crypto tanpa perlu memiliki crypto secara fisik, dianggap sebagai langkah besar menuju adopsi mainstream. Keputusan ini diharapkan bisa membuka pintu bagi likuiditas yang lebih besar dan pengakuan lebih luas terhadap Bitcoin sebagai aset investasi yang sah.

Baca Juga: Bitcoin Halving Countdown: 4 Hari Lagi, Gimana Pergerakan Harganya?

Dampak Penjualan oleh Penambang Bitcoin

harga btc halving
Harga BTC pasca halving 2020. Sumber: 10x Research

Laporan dari 10x Research menunjukkan bahwa penambang Bitcoin telah menjual sekitar $5 miliar BTC pasca-halving. Penjualan besar-besaran ini biasanya menimbulkan tekanan jual di pasar, namun efeknya tampaknya berbeda kali ini.

Menurut Nice Hash, Bitcoin Halving akan berlangsung 4 hari lagi yakni pada tanggal 19 April 2024 pukul 21:50 UTC atau 20 April 2024 pukul 04:50 WIB.

Meskipun penjualan ini mungkin memberi tekanan jangka pendek pada harga, pasar crypto telah menunjukkan ketahanan yang mengesankan. Investor tampaknya tetap optimis tentang nilai jangka panjang Bitcoin, dan ini membantu harga untuk kembali pulih setelah penurunan awal.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024: Apa yang Berbeda dari Halving 2020?

Analisis Pasar Altcoin

Setelah Bitcoin menunjukkan pemulihan, mata uang digital lainnya atau altcoin juga mengikuti tren yang serupa. Analisis dari Coinpedia menunjukkan bahwa altcoin seperti Ethereum, Ripple, dan lainnya juga mengalami kenaikan harga setelah periode yang sulit.

Investor kini menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam pasar crypto. Dengan Bitcoin yang kembali menunjukkan kekuatannya, banyak yang berharap ini akan membawa pengaruh positif terhadap altcoin dan mungkin memulai fase bullish selanjutnya di pasar crypto.

Pemulihan hari ini menunjukkan betapa dinamis dan cepat berubahnya pasar crypto. Meskipun terdapat tantangan, seperti penjualan besar-besaran oleh penambang dan ketidakpastian regulasi, kepercayaan investor terhadap crypto dan inovasi yang terus berlangsung membuat pasar ini tetap menarik. Kedepannya, keputusan regulasi dan pengembangan teknologi akan terus menjadi kunci dalam menentukan arah pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: