Pasar Crypto Hijau, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (13/3/24)?

Pasar Crypto Hijau, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (13/3/24)?

Hari ini, pasar crypto menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang signifikan, dengan berbagai berita positif yang mendorong sentimen investor. Dari pilot blockchain skala besar hingga spekulasi seputar ETF Ethereum, berikut adalah rangkuman mengapa pasar crypto berwarna hijau hari ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Adopsi Blockchain oleh Institusi Keuangan

Lebih dari 155 institusi keuangan telah bergabung dalam uji coba blockchain skala besar di Jaringan Canton, menandakan penerimaan yang semakin meningkat terhadap teknologi blockchain oleh sektor keuangan tradisional. Di antara peserta terdapat nama-nama besar seperti Cboe Global Markets, Goldman Sachs, dan BNY Mellon.

Selama periode empat hari, peserta diundang untuk mencoba 22 dApps yang mencakup berbagai fungsi seperti registri dana, kas, obligasi, perdagangan, margin, dan aplikasi pembiayaan. Ini menunjukkan potensi besar blockchain dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam berbagai aspek keuangan.

Baca Juga: Standar Token BRC-20 Bitcoin Akan Segera Memiliki Pedoman Resmi

Situasi Binance di Nigeria

pencurian crypto
The image created by AI

Meskipun Binance telah mengumumkan kepergiannya dari Nigeria, dua eksekutif senior dari bursa tersebut dilaporkan masih ditahan di ibu kota Nigeria, Abuja. Situasi ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor, namun juga menyoroti pentingnya regulasi yang jelas dan komunikasi antara platform crypto dan regulator.

Tigran Gambaryan, mantan agen federal AS yang fokus pada crypto, dan eksekutif Binance lainnya, Nadeem Anjarwalla, telah ditahan tanpa paspor selama dua minggu. Meski demikian, Binance menegaskan bahwa kedua eksekutif tersebut adalah profesional dengan integritas tinggi dan berharap situasi ini akan segera terselesaikan.

Baca Juga: MicroStrategy Borong Bitcoin Lagi, Harganya Langsung Meroket!

Prospek ETF Ethereum

prospek etf ethereum
Sumber: Akun X Eric Balchunas

Analisis dari Bloomberg menurunkan peluang persetujuan ETF Ethereum menjadi hanya 35% karena “kebisuan radio” dari SEC terhadap penerbit potensial. Ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor yang telah menantikan persetujuan ETF Ethereum sebagai sinyal positif bagi pasar crypto.

Ketidakpastian ini diperparah oleh sikap Ketua SEC, Gary Gensler, yang masih menganggap Ether sebagai sekuritas. Namun, spekulasi dan harapan seputar ETF terus mempengaruhi sentimen pasar, menunjukkan betapa pentingnya kejelasan regulasi dalam menentukan arah pasar crypto.

Kesimpulan

Dengan berbagai pengembangan positif dan tantangan yang dihadapi, pasar crypto hari ini menunjukkan dinamika yang kompleks. Adopsi teknologi blockchain oleh institusi keuangan, situasi Binance di Nigeria, dan spekulasi seputar ETF Ethereum semuanya berkontribusi terhadap pergerakan pasar hari ini. Meskipun masih ada ketidakpastian, harapan untuk masa depan crypto tetap tinggi di kalangan investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: