Altcoin Melesat Pasca SEC Setujui ETF Bitcoin, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (11/1/24)?

Altcoin Melesat Pasca SEC Setujui ETF Bitcoin, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (11/1/24)?

Kabar mengejutkan datang dari pasar crypto saat Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin spot. Meskipun Bitcoin hanya bergerak tipis, altcoins justru terbang tinggi. Apakah ini pertanda ‘Altseason’ telah tiba? Kira-kira mengapa harga crypto naik hari ini per 11 Januari 2023? Simak berita lengkapnya berikut ini!

SEC Memicu Gelombang Altcoin

altseason
Sumber: BeinCrypto

Pada tanggal 10 Januari, SEC akhirnya menyetujui sejumlah ETF Bitcoin spot dari berbagai manajer dana, termasuk BlackRock dan Fidelity. Namun, harga Bitcoin hanya naik sedikit menjadi $47.600 sebelum kembali turun, dengan kenaikan hanya 1,3% dalam 24 jam terakhir.

Ini menunjukkan bahwa berita tersebut mungkin sudah diperhitungkan sebelumnya. Sementara itu, altcoins mengalami lonjakan yang signifikan, dengan beberapa aset crypto naik hingga dua digit dalam sehari.

Kapitalisasi pasar crypto total telah meningkat 3,8% hari ini, mencapai puncak 21 bulan dengan nilai $1,85 triliun, didorong oleh kinerja altcoins. Ethereum, yang banyak dianggap belum maksimal, melonjak 10% mencapai $2.583, harga tertinggi sejak awal Mei 2022.

Baca Juga: Kabar Crypto Hari Ini: SEC Resmi Setujui ETF Bitcoin Spot Pertama!

Altcoin Pemenang Pasca Persetujuan ETF SEC

altcoin etf sec
Sumber: Akun X Dan Gambardello

Beberapa altcoins yang mengalami lonjakan termasuk Cardano (ADA) yang naik 12% menjadi $0,573. Avalanche (AVAX) juga naik sejumlah serupa, mencapai $38,63, sementara Polkadot (DOT) melonjak 14,6% menjadi $8,16.

Chainlink (LINK) naik 9,6% diperdagangkan di $14,91, dan Polygon (MATIC) melonjak 12% menjadi $0,906. Altcoins lain yang mendapatkan kenaikan dua digit hari ini termasuk Uniswap (UNI), Ethereum Classic (ETC), Optimism (OP), Near Protocol (NEAR), Filecoin (FIL), Arbitrum (ARB), dan Immutable (IMX).

Baca Juga: Sah, ETF Bitcoin Spot Pertama di AS Siap Diperdagangkan Hari Ini!

Bitwise Berkomitmen Donasi untuk Pengembangan Bitcoin

Dalam langkah yang tidak biasa, Bitwise Asset Management mengumumkan akan mendonasikan 10% dari keuntungan ETF Bitcoin spot mereka untuk pengembangan sumber terbuka Bitcoin. Donasi ini akan dilakukan setiap tahun selama satu dekade. Langkah ini dianggap sebagai bentuk dukungan yang signifikan untuk kemajuan ekosistem Bitcoin dan bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain di industri crypto.

Kesimpulan

Persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC dan lonjakan harga altcoins mungkin menjadi sinyal awal dari ‘Altseason’ yang dinanti. Dengan komitmen Bitwise untuk mendukung pengembangan Bitcoin, masa depan crypto tampak semakin cerah. Apakah kamu sudah siap untuk gelombang baru ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: