Harga Bitcoin Kembali ke Rp1 Miliar, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (16/5/24)?

author:

Harga Bitcoin Kembali ke Rp1 Miliar, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (16/5/24)?

Jakarta, Pintu News – Pada 16 Mei 2024, pasar crypto kembali menarik perhatian karena didominasi oleh warna hijau yang disebabkan oleh kenaikan harga.

Saat penulisan, harga Ethereum tercatat naik 2,42%, Solana naik 12,12%, dan meme coin BRETT yang menggila hingga 35% dalam waktu 24 jam. Selain mata uang crypto tersebut, harga Bitcoin juga terlihat melonjak lebih dari 5%.

Kira-kira, apa yang menyebabkan pasar crypto naik hari ini?

Harga Bitcoin Naik 5,51% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Pada 16 Mei 2024, laman Pintu Market mencatat kenaikan harga Bitcoin (BTC) sebesar 5,51% dalam waktu 24 jam. BTC sempat menyentuh harga terendahnya di Rp993.869.647 sebelum akhirnya melonjak ke harga tertingginya hari ini di Rp1.058.892.432.

Saat penulisan, market cap Bitcoin berada di sekitar $1,305,759,125,406, dengan volume perdagangan $42,810,869,206, mencatat kenaikan 77,10% dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (16/5/24), Harga ZENT Naik 27%

Lalu, mengapa pasar crypto naik hari ini?

Pasar Crypto Naik karena Inflasi Inti AS Turun

Dilansir dari Coingape (16/5/24), Data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS yang dirilis baru-baru ini menunjukkan penurunan inflasi inti ke level terendah dalam 3 tahun terakhir sebesar 3,4%. Penurunan ini telah memicu peningkatan aktivitas di pasar crypto, termasuk Bitcoin dengan minat yang signifikan dari bank-bank besar dunia.

Korelasi antara inflasi yang lebih rendah dan peningkatan investasi dalam aset digital menunjukkan bahwa investor mungkin melihat Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap ketidakstabilan ekonomi.

Lebih lanjut, angka-angka inflasi yang baik juga menandakan potensi penurunan suku bunga AS yang akan datang. Meskipun Federal Reserve telah mengadopsi pendekatan “wait and see” yang hati-hati, data terbaru mungkin akan mempercepat jadwal mereka.

Namun, masih ada kekhawatiran mengenai kecepatan penurunan inflasi, yang dapat membatasi ruang lingkup penurunan suku bunga dalam tahun ini.

Baca juga: Para Pakar Memprediksikan Pasar Kripto Berpotensi Capai $100 Triliun dalam Market Cap!

Bank-bank Besar Meningkatkan BTC dengan Investasi ETF

arus masuk bersih etf bitcoin
The image created by AI

Sementara itu, lonjakan harga Bitcoin hari ini juga didorong oleh meningkatnya minat institusional, terutama pada ETF Bitcoin.

Pengajuan SEC baru-baru ini mengungkapkan bahwa bank-bank besar seperti JPMorgan dan Wells Fargo, bersama dengan bank-bank internasional seperti UBS dan Bank of Montreal, telah mengungkapkan investasi yang signifikan dalam ETF Bitcoin. Pengungkapan ini telah memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai pasar Bitcoin.

Yang juga mendorong momentum pasar crypto adalah investasi dari entitas seperti Dewan Investasi Negara Bagian Wisconsin, yang baru-baru ini menginvestasikan $99 juta di Spot Bitcoin ETF BlackRock.

Masuknya modal institusional ini tidak hanya memvalidasi daya tarik investasi Bitcoin, tetapi juga meningkatkan legitimasi dan stabilitasnya sebagai kelas aset.

Pasar ETF terus berdengung dengan antisipasi karena lebih banyak institusi yang diperkirakan akan masuk.

Penunjukan Salim Ramji, mantan kepala ETF global di BlackRock, sebagai CEO Vanguard, baru-baru ini patut dicatat. Vanguard, yang sebelumnya melarang ETF Bitcoin spot, mungkin akan mempertimbangkan kembali sikapnya di bawah kepemimpinan Ramji, yang berpotensi mengarah pada lebih banyak keterlibatan institusi.

Secara keseluruhan, pergeseran ini kemungkinan akan mempertahankan tren kenaikan crypto, terutama Bitcoin, karena lebih banyak investor institusional mulai memasukkannya ke dalam portofolio mereka.

Perkembangan yang sedang berlangsung di sektor ETF, dikombinasikan dengan faktor ekonomi makro, memberikan kerangka kerja yang kuat untuk memahami kenaikan nilai Bitcoin baru-baru ini dan terus berlanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: