Mendekati Halving Bitcoin 2024, Para Penambang Mulai Mengakumulasi!

author:

Mendekati Halving Bitcoin 2024, Para Penambang Mulai Mengakumulasi!

Data on-chain yang dianalisis oleh bursa crypto Bitfinex menunjukkan bahwa para penambang Bitcoin (BTC) telah memasuki fase akumulasi menjelang acara halving yang dijadwalkan pada April 2024.

Penambang Bitcoin Mulai Mengakumulasi BTC

Halving Bitcoin, yang terjadi setiap empat tahun atau setelah 210.000 blok, adalah mekanisme yang mengurangi hadiah para penambang jaringan menjadi setengahnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi kecepatan penciptaan BTC baru dan mungkin meningkatkan nilai aset tersebut. Halving mendatang adalah yang keempat sejak dimulainya BTC dan diharapkan mengurangi hadiah jaringan dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok.

Baca juga: Menjelang Halving, Harga Bitcoin Bisa Sentuh Rp2,7 Miliar pada 2024? Ini Prediksi Fundstrat!

Menanggapi acara yang akan datang, penambang telah beralih dari penjualan besar-besaran yang dimulai pada Agustus 2022 ke tren akumulasi terbaru. Bitfinex menemukan bahwa Juli mencatat aliran BTC on-chain yang terkendali dengan peningkatan mendadak di akhir bulan.

Perusahaan penambangan Bitcoin telah meningkatkan posisi likuiditas mereka, mengurangi kecenderungan mereka untuk menjual lebih banyak BTC. Hal ini dapat diatribusikan kepada lonjakan harga saham mereka setelah gema seputar dana yang diperdagangkan di bursa BTC (ETFs).

Investor Institusi Crypto Berhati-hati

Saat penambang Bitcoin meningkatkan kepemilikan mereka, investor kripto institusi menerapkan kehati-hatian dalam investasi mereka. Bitfinex mengatakan ini karena pasar yang lebih luas “lesu”, dan volume perdagangan telah turun sebesar 62% sepanjang tahun.

“Indikator volatilitas menunjukkan bahwa kita akan menghadapi waktu yang lebih tenang secara keseluruhan. Metrik historis Bitcoin tampaknya stabil, menunjukkan stabilisasi yang akan datang dalam fluktuasi pasar,” kata bursa tersebut.

Menariknya, dana Bitcoin terus melihat aliran keluar yang besar, sementara investor institusi berhenti memendekkan BTC melalui produk investasi untuk pertama kalinya dalam 14 minggu.

Baca juga: Siap-siap! Menurut Analisis Teknikal, Pola Harga Menunjukkan Altcoin Season akan Datang

Altcoin dan Arus Kas Positif

5 crypto naik hari ini

Sementara itu, beberapa altcoin, termasuk Solana, XRP, dan Litecoin, telah mencatat aliran kas masuk yang positif.

“Perilaku keseluruhan investor institusi telah mencerminkan strategi investasi yang berhati-hati ke dalam aset kripto dan meningkatkan pengambilan keuntungan di tengah musim perdagangan musim panas yang lesu,” tambah Bitfinex.

Pada akhirnya, dengan mendekati acara halving Bitcoin 2024, industri crypto bersiap untuk perubahan besar. Dari perilaku akumulasi para penambang hingga pendekatan berhati-hati dari investor institusi, dinamika pasar menunjukkan adaptasi strategis terhadap perubahan yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: