Menanti Persetujuan ETF Bitcoin: Harapan dan Rintangan Menurut CEO BitGo

Menanti Persetujuan ETF Bitcoin: Harapan dan Rintangan Menurut CEO BitGo

Menurut Mike Belshe, CEO BitGo, persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC AS semakin dekat. Namun, perjalanan menuju persetujuan tersebut tidak akan berjalan mulus tanpa tantangan.

Harapan Persetujuan ETF Bitcoin

Mike Belshe, CEO bursa crypto BitGo, dalam wawancaranya dengan Bloomberg pada 16 November, mengungkapkan bahwa semua indikasi menunjukkan hasil yang menguntungkan untuk ETF Bitcoin.

Namun, ia menekankan bahwa tantangan masih ada di depan. Berdasarkan diskusi antara perusahaan yang mencari persetujuan ETF Bitcoin dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Belshe memiliki pandangan optimis bahwa persetujuan tersebut segera datang.

Baca Juga: Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

Namun, Belshe menunjukkan bahwa peningkatan struktur pasar adalah suatu keharusan sebelum SEC memberikan persetujuan akhir untuk ETF Bitcoin. Ia menegaskan kembali sikap SEC tentang memisahkan bursa crypto dari penyimpanan, menekankan bahwa kondisi ini harus ditangani sebelum persetujuan.

FTX dan Kenaikan Biaya Transaksi Bitcoin

SBF dan bald
Sumber: Cryptopolitan

Selain itu, Belshe merujuk pada Sam Bankman-Fried, mantan CEO bursa crypto FTX yang kini sudah tidak beroperasi, mengklaim bahwa ia berusaha membuat FTX menjadi operasi yang beragam.

Hal ini mengikuti laporan yang menunjukkan bahwa antusiasme seputar potensi persetujuan ETF Bitcoin telah menyebabkan lonjakan biaya signifikan pada blockchain Bitcoin baru-baru ini. Pada 16 November, biaya yang dibayar di blockchain Bitcoin melonjak menjadi $11,6 juta, menandai peningkatan 746% dalam biaya transaksi rata-rata dibandingkan dengan 2022.

Outlook Pasar Bitcoin

Menurut analisis pasar Cointelegraph, Bitcoin tetap stabil di dekat level tertinggi 18 bulan, melampaui kisaran perdagangan pasar bear. Saat ini, ada 12 perusahaan manajemen aset yang menunggu hasil aplikasi ETF Bitcoin mereka. Menurut analis Bloomberg James Seyffart, ada peluang 90% persetujuan akan diberikan sebelum 10 Januari 2024.

Paragraf Penutup

Meski tantangan masih ada, harapan untuk persetujuan ETF Bitcoin semakin kuat. Namun, perlu diingat bahwa peningkatan struktur pasar dan pemisahan antara bursa crypto dan penyimpanan adalah hal yang harus ditangani sebelum persetujuan diberikan.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi