Top 3 Memecoin Solana Favorit di 2024, Mana Paling Cuan?

Top 3 Memecoin Solana Favorit di 2024, Mana Paling Cuan?

Di dunia crypto yang terus berkembang, ada beberapa cryptocurrency unik yang menarik perhatian. Dari Dogwifhat yang menggemaskan hingga Myro yang ambisius dan BONK yang inovatif, ketiganya menawarkan sesuatu yang berbeda bagi para penggemar crypto.

Menurut laporan dari The Block, ahli data Andrew Hong mengungkapkan bahwa setelah pasangan SOL-USDT/USDC, tiga memecoin utama menjadi pendorong volume terbesar dalam ekosistem Solana berdasarkan analisis on-chain.

solana ecosystem activity
Data menunjukkan bahwa setelah pasangan stablecoin, kelompok pasangan SOL berikutnya berdasarkan volume adalah memecoin berbasis Solana. Sumber: Andrew Hong Dune Analytics.

Berdasarkan grafik Dune Analytics per Januari 2024, Hong menyatakan bahwa “Anda dapat melihat sebagian besar volume didorong oleh pasangan USDC, USDT, dan SOL, setelah itu, 3 berikutnya adalah memecoin.”

Solana menutup tahun 2023 sebagai altcoin dengan performa terbaik. Selama reli pasar cryptocurrency pada Desember, banyak memecoin berbasis Solana yang melonjak nilainya. Sebagai contoh, per Januari, sebuah memecoin berbasis Solana bernama BONK telah naik lebih dari 7000% dari harga setahun yang lalu.

Mari kita jelajahi apa yang membuat ketiga memecoin Solana ini begitu istimewa dan mengapa mereka layak mendapat perhatianmu!

Bonk (BONK): Memecoin Solana dengan Mekanisme Pembakaran Unik

kenaikan harga bonk
Sumber: U Today

Bonk adalah token crypto yang dibangun di blockchain Solana. Mata uang ini membedakan dirinya melalui mekanisme pembakaran uniknya, yang terkait erat dengan tokenomiknya. Bonk memiliki pasokan maksimum 1 miliar token, dan lebih dari 65% dari total pasokan telah dibakar.

Salah satu fitur unik Bonk yang telah berkontribusi pada popularitasnya adalah kampanye marketing viralnya di TikTok, di mana ia dikenal sebagai “meme coin untuk intelektual”. Strategi marketing cerdas ini, dikombinasikan dengan mekanisme pembakaran (burn) tokennya, telah menarik perhatian banyak orang dalam komunitas crypto.

Bagaimana perkembangan token BONK?

harga bonk
Harga BONK naik 8,92% hari ini 24 Januari 2024. Sumber: Market Pintu

Jika dilihat dari grafik diatas, menurut market Pintu, per 24 Januari 2024, BONK mengalami kenaikan harga yang signifikan yakni 8,92% dalam waktu 24 jam dari harga Rp0,15 ke harga Rp0,17.

Menurut Techopedia, per Desember 2023, BONK termasuk ke memecoin terbesar ke-3 berdasarkan marketcap, setelah DOGE dan Shiba Inu (SHIB). Tidak hanya itu, per 24 Januari 2024 BONK menempati urutan ke-85 menurut marketcap keseluruhan.

coinmarketcap bonk
Pergerakan token BONK per 24 Januari 2024. Sumber: Coinmarketcap

BONK juga menjadi salah satu cryptocurrency dengan kenaikan terbesar (naik 10.000%) di tahun 2023 di antara 100 crypto teratas. Harga BONK pada waktu itu adalah $0,00002956 dengan marketcap terdilusi penuh sebesar $1,79 miliar. BONK memiliki supply maksimum 100 triliun koin, dengan 60 triliun koin BONK telah beredar per Desember 2023.

Komponen Ekosistem Bonk

Dilansir dari website resmi Bonk di laman https://www.bonkcoin.com/, secara umum, ekosistem Bonk terdiri dari BonkSwap, BonkDex, dan BonkVault. Setiap komponen ini memiliki peran unik dalam ekosistem, berkontribusi pada fungsionalitas dan kegunaan token Bonk secara keseluruhan, berikut detailnya:

  • BonkSwap: Ini adalah platform decentralized exchange (DEX) dalam ekosistem Bonk, yang memungkinkan pengguna untuk berdagang token Bonk dan cryptocurrency lainnya.
  • BonkDex: Platform decentralized finance (DeFi) dalam ekosistem Bonk, menyediakan berbagai layanan DeFi seperti peminjaman, pemberian pinjaman, dan staking.
  • BonkVault: Dompet non-kustodial yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan token Bonk dan aset digital lainnya secara aman.

Baca Juga: 5 Strategi Jitu Mencari Altcoin Potensial Sebelum Harga Meroket!

Dogwifhat (WIF): Memecoin Solana dengan Tema Anjing

dogwifhat memecoin solana
Sumber: U Today

Dogwifhat, memecoin yang berbasis di blockchain Solana, telah mencuri perhatian dengan konsepnya yang unik dan menghibur: sebuah token yang berpusat pada anjing yang memakai topi. Pesona Dogwifhat terletak pada kesederhanaannya dan ironi yang terkandung dalam temanya.

Meskipun bersifat lelucon, Dogwifhat telah mencapai kesuksesan finansial yang signifikan, dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $200 juta. Ini menyoroti dinamika unik dan seringkali mengejutkan dari pasar crypto.

Bagaimana perkembangan token WIF?

Memecoin berbasis Solana ini, baru-baru ini mencapai rekor tertinggi, melebihi $0,53. Performanya termasuk peningkatan 100% dalam minggu terakhir dan kenaikan 700% dari tanggal 8 Januari hingga 18 Januari 2024.

Lonjakan ini sebagian dikaitkan dengan adanya dukungan dari Binance, karena platform tersebut meluncurkan perpetual contracts WIF/USDT, bersama dengan perpetual swap contract WIF/USDT dari BitMEX.

coinmarketcap token wif
Perkembangan token WIF 1 bulan. Sumber: Coinmarketcap

Jika dilihat dari Coinmarketcap, per 24 Januari 2024, marketcap WIF telah naik 39,02% dan menyentuh $332 juta dengan volume perdagangan yang juga naik 42% dan menyentuh $134 juta. Kenaikan yang signifikan tersebut menempatkan WIF di urutan ke-138 berdasarkan market cap nya. Meskipun baru masuk pasar pada awal Desember 2023, Dogwifhat (WIF) mampu mengikuti kesuksesan “saudara” tuanya, BONK, menjadi memecoin kedua Solana dengan marketcap $332 juta.

Apa keunikan dari memecoin Dogwifhat (WIF)?

Dilansir dari Medium, ada beberapa keunikan Dogwifhat Coin (WIF) yang membuatnya menonjol jika dibandingkan dengan memecoin Solana lainnya. Keunikan tersebut yakni:

  1. Tema Menyenangkan: Berbeda dengan kebanyakan mata uang meme yang menggunakan avatar fiksi, Dogwifhat menggunakan gambar Shiba Inu nyata yang memakai topi, memberikan elemen yang menyenangkan dan mudah dihubungkan.
  2. Didukung oleh Solana: Dogwifhat dibangun di blockchain Solana, yang menawarkan kecepatan transaksi cepat dan biaya rendah, membuatnya mudah untuk diperdagangkan dan digunakan.
  3. Berbasis Komunitas: Dogwifhat menekankan pada semangat komunitas yang kuat. Kehadirannya yang aktif di media sosial mendorong konten yang dibuat pengguna, meme, dan percakapan santai, menciptakan rasa memiliki di antara penggemarnya.
  4. Fokus pada Hiburan: Berbeda dengan memecoin lain yang berusaha menyediakan fungsi utilitas seperti NFT atau DeFi, Dogwifhat tetap pada perannya sebagai token komunitas yang ringan dan menyenangkan.
  5. Koneksi Dunia Nyata: Dogwifhat unik karena bermitra dengan Shiba Inu nyata yang tergambar di logonya, menambahkan keaslian dan kepribadian, menarik lebih banyak penggemar meme.

Baca Juga: Apa itu Koin Micin? Ini Cara Belinya!

Myro (MYRO): Memecoin Solana yang Berorientasi Komunitas

myro coin memecoin solana
Sumber: CoinMarketCap

Myro adalah memecoin ambisius yang bertujuan untuk mendefinisikan ulang narasi modulo di blockchain Solana. Sebagai proyek yang didorong oleh komunitas, misi Myro adalah membuat crypto dapat diakses dan menyenangkan bagi semua orang.

Memecoin MYRO dinamai dari anjing peliharaan Raj Gokal, salah satu pendiri Solana, yang bernama Myro. Selain asal-usulnya yang menarik, MYRO memiliki beberapa kegunaan unik yang akan diungkap setelah diluncurkan. Ini membuat Myro berbeda dari prototipe koin Labyrinth biasa dan berpotensi menjadi produk utama di Labyrinth Solana.

Holder MYRO mendapatkan keuntungan eksklusif, seperti kemampuan untuk membeli barang dagangan Myro edisi terbatas, termasuk kaos, topi, dan hoodie. Program ini juga mengadakan acara komunitas reguler, mulai dari obrolan audio hingga forum dan kompetisi, untuk menyatukan para pecinta anjing di industri cryptocurrency.

Bagaimana perkembangan token MYRO?

harga myro
Sumber: Tradingview

Menurut analisa dari CoinCDX, harga MYRO telah melonjak lebih dari 900% sejak 18 Desember 2023 dan masih terus menunjukkan kekuatan, seperti yang terlihat pada grafik di atas. Menurut Coinmarketcap, per 24 Januari 2024, harga MYRO diperdagangkan dengan marketcap hampir $183 juta, dan token ini tampaknya berada dalam posisi yang baik untuk bahkan mencapai $0,3 dengan momentum yang sedang berlangsung.

Fitur-fitur MYRO

Menurut website resmi Myro di laman https://myrothedog.com/, Myro menawarkan beberapa fitur menarik yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung pertumbuhan ekosistem Solana, beberapa diantaranya adalah:

  • Myro Buy Bot: Myro memperkenalkan BuyBot pertama di Telegram untuk Solana. Fitur ini mempromosikan interaksi lintas komunitas dan memberikan eksposur gratis melalui “MYRO Trending”. Seiring bertambahnya penggunaan, akan dikenakan biaya kecil untuk fitur trending, tetapi masih ada kesempatan untuk dimasukkan secara gratis. Pendapatan yang dihasilkan akan masuk ke dalam Treat Jar (Kas) untuk transparansi, mendukung pertumbuhan $MYRO.
  • Myro Staking: Dengan fitur Staking Pool Utility Myro, pengguna bisa memaksimalkan investasi $MYRO. Pengguna dapat dengan mudah men-stake koin, mendapatkan hadiah berkelanjutan, dan berkontribusi pada desentralisasi Solana. Fitur ini ramah pengguna dan aman.
  • Utilitas Lainnya: $MYRO bertujuan untuk mengubah ekosistem Solana, menyediakan utilitas penting untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berkembang. Komitmen ini memastikan kontribusi dinamis untuk pertumbuhan jangka panjang Solana, melayani ratusan ribu pengguna.

Kesimpulan

Dogwifhat, Myro, dan Bonk adalah salah satu contoh sempurna dari bagaimana inovasi dan kreativitas dapat membentuk dunia cryptocurrency. Masing-masing menawarkan sesuatu yang unik dan menarik bagi pasar crypto, baik itu melalui tema yang menghibur, komitmen terhadap komunitas, membagikan airdrop untuk para holder setia, hingga mekanisme token yang inovatif, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi kamu yang suka berburu airdrop memecoin atau bahkan koin-koin potensial lainnya, ini adalah kesempatan emas untuk menambah koleksi crypto-mu.

Tidak hanya itu, beberapa memecoin juga menawarkan fitur staking yang bisa jadi pilihan investasi menarik, memberikan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak dari crypto yang kamu miliki.

Nah, semua kegiatan seru ini bisa kamu lakukan dengan mudah lewat fitur Web3 dari Pintu. Platform ini dirancang untuk memberikan keamanan dan kemudahan dalam berbagai transaksi crypto. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, explore Pintu Web3 Wallet dan mulailah petualanganmu di dunia crypto, manfaatkan setiap peluang yang diberikan oleh memecoin inovatif ini untuk memperkaya pengalaman crypto-mu!

Referensi: