Influencer Mulai Hati-hati, Kini Meme Crypto Dianggap Promosi Keuangan oleh Pengawas Inggris

author:

Influencer Mulai Hati-hati, Kini Meme Crypto Dianggap Promosi Keuangan oleh Pengawas Inggris

Regulator keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), telah mengusulkan pedoman baru yang menyatakan bahwa meme crypto dapat dianggap sebagai promosi keuangan. Ini berarti bahwa perusahaan crypto dan influencer mungkin harus menyertakan penyangkalan dalam meme mereka untuk mematuhi hukum periklanan di negara tersebut. FCA telah menyadari bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa meme dapat tunduk pada aturannya.

Pedoman Baru FCA tentang Meme Crypto

regulator inggris meme crypto
Sumber: Reuters

Berdasarkan pengumuman terbaru, FCA mengatakan,

“Kami ingin orang-orang tetap berada di sisi yang benar dari aturan kami, jadi kami memperbarui pedoman kami untuk menjelaskan apa yang kami harapkan dari perusahaan saat memasarkan produk keuangan secara online.”

Pedoman baru ini ditujukan untuk memberikan kejelasan kepada perusahaan dan individu tentang bagaimana mereka harus mematuhi aturan promosi keuangan saat menggunakan media sosial dan meme.

Baca juga: FSB Rilis Kerangka Regulasi Crypto Global Terbaru untuk G20, Seperti Apa Isinya?

Regulator ini menganggap investasi crypto sebagai investasi berisiko tinggi dan memerlukan peringatan tertentu dan pembatasan saat mengiklankannya kepada investor ritel. Ini berarti bahwa perusahaan dan influencer yang mempromosikan crypto harus memastikan bahwa mereka menyertakan peringatan yang tepat dan mematuhi semua aturan yang relevan.

Lebih lanjut, FCA juga telah mengungkapkan kekhawatiran tentang influencer yang berorientasi pada keuangan yang mempromosikan produk, terutama ketika menargetkan audiens yang lebih muda. Mereka menyatakan, “Dan bagi mereka yang secara ilegal mempromosikan produk, kami akan mengambil tindakan terhadap Anda.”

Dampak Pedoman Baru pada Industri Crypto

Selanjutnya, pedoman baru ini dapat memiliki dampak signifikan pada cara perusahaan dan influencer crypto mempromosikan produk dan layanan mereka. Mereka sekarang harus berhati-hati untuk memastikan bahwa mereka mematuhi semua aturan promosi keuangan, termasuk yang berlaku untuk meme.

Hal ini juga dapat mempengaruhi cara audiens memandang dan berinteraksi dengan meme crypto. Mereka sekarang mungkin lebih sadar bahwa meme ini adalah bentuk promosi keuangan dan dapat mempertimbangkan ini saat mengevaluasi informasi dan klaim yang disajikan dalam meme tersebut.

Selain itu, pedoman baru ini juga dapat mendorong perusahaan dan influencer untuk lebih transparan tentang hubungan dan insentif keuangan mereka. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan transparansi dalam industri crypto.

Tanggapan Publik terhadap Pedoman Baru

regulasi memecoin di inggris
Sumber: Medium

FCA mengundang umpan balik publik tentang pedoman yang diusulkan mengenai meme crypto dan promosi keuangan hingga 11 September 2023. Ini memberikan kesempatan bagi perusahaan, influencer, dan publik umum untuk memberikan masukan mereka tentang pedoman ini.

Baca juga: Laporan Terbaru, Inflow Produk Investasi Aset Digital Minggu Lalu Sentuh Rp2 Triliun!

Lebih lanjut, tanggapan ini dapat membantu membentuk bagaimana pedoman ini diterapkan dan ditegakkan. Ini juga dapat memberikan wawasan penting tentang bagaimana industri crypto dan komunitas yang lebih luas melihat peran dan dampak meme dalam promosi keuangan.

Selain itu, tanggapan ini juga dapat membantu menyoroti area potensial di mana pedoman ini dapat ditingkatkan atau disesuaikan untuk lebih baik mencerminkan realitas dan tantangan unik dari mempromosikan crypto dan produk keuangan lainnya melalui media sosial dan meme.

Pada akhirnya, pedoman baru FCA tentang meme crypto menandai langkah penting dalam pengaturan promosi keuangan di era digital. Meskipun ini dapat menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan dan influencer crypto, ini juga merupakan peluang untuk meningkatkan transparansi dan kepercayaan dalam industri ini.

Dengan memahami dan mematuhi pedoman terbaru tersebut, perusahaan dan influencer dapat membantu memastikan bahwa mereka mempromosikan crypto dan produk keuangan lainnya dengan cara yang bertanggung jawab dan mematuhi hukum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: