Potensi $900 Miliar Metaverse Terungkap dalam Laporan Revolusioner Bain & Company

Potensi $900 Miliar Metaverse Terungkap dalam Laporan Revolusioner Bain & Company

Dalam pandangan baru yang menentang minat yang memudar pada Metaverse, firma konsultasi global Bain & Company baru-baru ini mengungkapkan potensi ekonomi yang luas dari Metaverse.

Potensi Sebenarnya dari Metaverse

Penelitian Bain, yang diberi judul ‘Taking the Hyperbole Out of the Metaverse’, mengungkapkan potensi ekonomi dalam ranah ini.

Dengan teknologi serupa yang berdampak pada berbagai bisnis, seperti platform game imersif yang berkembang, potensi manfaat Metaverse menjadi jelas.

Baca Juga: China Usulkan Sistem Kredit Sosial di Metaverse, Apa Dampaknya bagi Dunia Virtual?

Laporan tersebut menyoroti 5 area penting untuk keunggulan kompetitif, mendorong pertumbuhan dan inovasi di lanskap Metaverse yang berkembang.

Arena Strategis untuk Kemenangan Metaverse

metaverse bbva
Sumber: BBVA

Analisis Bain mengidentifikasi 5 medan pertempuran strategis untuk kesuksesan di Metaverse:

  1. Pengalaman Virtual (65% dari pasar Metaverse pada 2030): Potensi di luar game meliputi kebugaran imersif, hiburan, kerja tim, produktivitas, pemasaran digital, pengembangan karyawan, pendidikan, dan aplikasi kesehatan.
  2. Alat Pembuatan Konten (5% dari pasar Metaverse pada 2030): Alat perangkat lunak yang ramah pengguna memfasilitasi penciptaan konten Metaverse dengan cepat.
  3. Toko Aplikasi dan Sistem Operasi (10% dari pasar Metaverse pada 2030): Platform ini menampilkan pengalaman berkualitas tinggi.
  4. Perangkat (10% dari pasar Metaverse pada 2030): Penekanan pada gadget independen untuk pengalaman imersif.
  5. Komputasi dan Infrastruktur (10% dari pasar Metaverse pada 2030): Pengembangan perangkat keras berkinerja tinggi.

Menghadapi Tantangan Metaverse

Analisis Bain & Company menghilangkan kesalahpahaman dan menekankan potensi Metaverse sebagai industri yang kuat.

Kesimpulannya, para pelopor awal dan mereka yang mahir dalam menavigasi arena kompetitif ini memiliki peluang luar biasa untuk memimpin seiring berkembangnya pengaruh Metaverse.

Baca Juga: Sony Bawa Dunia Nyata ke Metaverse! Inovasi VR Terbaru yang Menggabungkan Realitas dan Virtual

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: