Membela Royalti Kreator dengan Standar Token Baru: ERC721-C dan Dampaknya pada Industri NFT

Membela Royalti Kreator dengan Standar Token Baru: ERC721-C dan Dampaknya pada Industri NFT

Royalti kreator telah menjadi titik kontroversi besar dalam ruang NFT. Hal ini seharusnya bukan berita baru bagi siapa pun yang menganggap Web3 sebagai ranah mereka.

Namun, perdebatan mengenai kebutuhan royalti telah gagal membuat kemajuan yang benar-benar signifikan sejak awal.

Meski sebagian besar pasar NFT paling terkemuka telah menentukan posisi mereka tentang masalah ini, inovasi seperti Manifold’s Royalty Registry belum cukup memastikan kreator menerima hak mereka.

Apa itu ERC721-C?

ERC721-C adalah jenis standar token baru yang dibuat untuk efektif membuat royalti on-chain dapat diberlakukan.

Berbeda dengan ERC-721 dan ERC1155 — jenis NFT yang paling sering dibuat dan diperdagangkan — standar baru ini membuat royalti dapat diprogram, memungkinkan kreator untuk menghentikan pertukaran bebas biaya dari platform karya mereka sekali dan untuk selamanya.

Bagaimana ERC721-C bisa digunakan?

Penemuan baru Limit Break ini juga dapat diterapkan untuk berbagai kasus penggunaan lain selain transaksi royalti dari ujung ke ujung yang sederhana.

ERC721-C berpotensi bahkan dapat digunakan untuk inisiatif pembangunan komunitas, karena royalti dari penjualan bisa dibagi secara otomatis antara, misalnya, anggota DAO atau pemenang kontes.

Baca Juga: Siap-siap! Ethereum Devcon VII 2024 akan Digelar di Asia Tenggara, Indonesia Jadi Kandidat?

Tapi alih-alih memberikan kickbacks terus-menerus, kreator dapat mengalokasikan persentase apa yang dibagikan, kapan, dan seberapa sering.

Kapan ERC721-C akan beraksi?

Pertimbangan penting yang harus dilakukan dengan ERC721-C dan ERC1155-C (atau standar baru lainnya seperti ERC-6551 atau BRC-20, misalnya) adalah mereka tidak akan diadopsi dalam semalam.

Meski minat telah menyebar secara stabil di seluruh ruang NFT, standar ini baru dan relatif kompleks dan mungkin menjadi lebih rumit jika fitur tambahan ditambahkan.

Selain itu, menanggapi tingginya minat banyak pihak dalam menalami teknologi Ethereum, EDCON 2023 akan segera diselenggarakan.

Ethereum kembali menunjukkan pentingnya peranannya dalam industri crypto dan ekosistem DeFi secara luas lebih dari sekedar cryptocurrency.

Konferensi EDCON 2023 yang berlangsung di kota indah Podgorica, Montenegro, menyoroti berbagai kemungkinan yang ditawarkan Ethereum bagi pasar crypto secara umum dan di luar itu. Simak berita lengkapnya mengenai EDCON 2023 di sini.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: