Gempar! Matrixport Memprediksi ETF Bitcoin Spot akan Ditolak SEC, Apa Dampaknya?

author:

Gempar! Matrixport Memprediksi ETF Bitcoin Spot akan Ditolak SEC, Apa Dampaknya?

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto yang mungkin akan mengguncang pasar. Sebuah laporan dari Matrixport, platform layanan keuangan crypto, memprediksi penolakan SEC terhadap semua proposal ETF Bitcoin spot.

Apa dampaknya bagi pasar dan investor crypto?

Penolakan SEC Terhadap Bitcoin Spot ETF

matrixport predikai harga btc

Matrixport, dalam analisis terbarunya, memberikan sinyal peringatan kepada para investor crypto. Mereka memprediksi bahwa SEC, regulator pasar modal AS, akan menolak semua proposal ETF Bitcoin spot yang diajukan pada Januari ini.

Baca juga: Terungkap! Grayscale Ubah Strategi Demi ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

Hal tersebut bertentangan dengan ekspektasi pasar yang selama ini cukup optimis. Laporan tersebut juga menyarankan bahwa persetujuan akhir mungkin tidak akan tercapai hingga kuartal kedua tahun 2024.

Kabar ini tentu mengejutkan, terutama mengingat bahwa beberapa institusi keuangan besar seperti BlackRock, Fidelity, dan VanEck telah mengajukan proposal mereka. Meskipun telah terjadi pertemuan rutin antara pemohon ETF dan staf SEC, Matrixport menilai bahwa semua aplikasi masih belum memenuhi persyaratan kritis yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan dari SEC.

Dampak Penolakan Terhadap Pasar Crypto

Jika SEC memang menolak proposal ETF Bitcoin spot, Matrixport memperkirakan akan terjadi likuidasi besar-besaran. Hal ini bisa menyebabkan harga Bitcoin turun tajam sekitar 20%, kembali ke kisaran $36.000 hingga $38.000.

Tidak hanya itu, penolakan ini juga akan mempengaruhi persepsi pasar terhadap crypto dan bisa jadi pukulan berat bagi investor yang telah menanamkan banyak harapan pada persetujuan ETF.

Namun, Matrixport tetap optimis terhadap prospek jangka panjang Bitcoin. Mereka masih memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan melampaui titik awal tahun ini, yaitu $42.000, pada akhir tahun 2024. Prediksi ini didasarkan pada pola historis tahun pemilihan di AS dan siklus penambangan Bitcoin.

Baca juga: Harga Bitcoin akan Tembus $50.000 di 2024? Simak Prediksi Terbaru dari Matrixport!

Harapan di Tengah Ketidakpastian

Meskipun ada potensi volatilitas jangka pendek setelah penolakan SEC, pandangan Matrixport untuk tahun 2024 tetap bullish. Berdasarkan pola historis tahun pemilihan di AS dan siklus penambangan Bitcoin, mereka mengantisipasi bahwa nilai Bitcoin akan melampaui titik awal tahun ini, yaitu $42.000, pada akhir tahun. Ini memberikan sedikit harapan bagi investor jangka panjang di tengah ketidakpastian regulasi.

Sebagai investor crypto, kamu mungkin perlu mempertimbangkan strategi investasi jangka panjang dan tidak terlalu fokus pada fluktuasi harga jangka pendek. Keputusan SEC yang akan datang ini bisa menjadi momen penting yang menentukan arah pasar crypto di masa depan.

Dengan potensi penolakan SEC terhadap ETF Bitcoin spot, pasar crypto mungkin akan mengalami turbulensi. Namun, bagi kamu yang berpandangan jauh ke depan, ini bisa jadi kesempatan untuk menata ulang strategi investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: