DREX: Mata Uang Digital Baru Brasil yang Siap Ubah Lanskap Keuangan Negara!

DREX: Mata Uang Digital Baru Brasil yang Siap Ubah Lanskap Keuangan Negara!

Bank Sentral Brasil telah mengumumkan peluncuran mata uang digital resmi mereka yang diberi nama DREX. Dikenal juga sebagai “digital real”, mata uang ini diharapkan dapat meningkatkan layanan keuangan dan memperkuat ekosistem pembayaran digital di Brasil. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu DREX dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dilansir dari Decrypt, DREX merupakan singkatan dari beberapa elemen inovasi: D untuk digital, R untuk Real (mata uang resmi Brasil), E untuk elektronik, dan X untuk transaksi. Ini merupakan langkah maju dari platform pembayaran instan Pix yang telah sukses di Brasil.

Bank Sentral juga telah merilis branding visual baru untuk DREX, dengan dua panah yang mengarah ke huruf ‘D’, menggambarkan evolusi dari mata uang fisik ke digital, serta transisi warna dari biru ke hijau muda yang menyampaikan pesan “transaksi selesai”.

Baca Juga: Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Dampak DREX pada Layanan Keuangan di Brasil

dampak drex apda keuangan brasil
Sumber: Olhar Digital

Proyek mata uang digital ini akan mengandalkan entitas yang berwenang untuk mencetak CBDC, yang akan dicatat dengan teknologi buku besar terdistribusi (mirip dengan blockchain). DREX akan mendukung operasi seperti pembelian dan penjualan obligasi perbendaharaan publik.

Dengan mata uang digital ini, warga Brasil dapat dengan mudah memperoleh pinjaman, opsi investasi yang lebih terjangkau, atau asuransi yang lebih mudah. Tujuannya adalah untuk membawa produk keuangan ini ke tangan masyarakat dan meningkatkan inklusi perbankan di Brasil.

Baca Juga: Kembali Bergairah, Otoritas Pajak Brasil Ungkap Kenaikan Volume Market Crypto di Negaranya

Penerapan Praktis dari DREX

Bank terbesar di Brasil, Caixa Econômica Federal, melalui presidennya, Maria Rita Serrano, menyatakan bahwa manfaat pemerintah seperti Bolsa Família mungkin dibayarkan melalui mata uang digital di masa depan.

Selain itu, Senator Carlos Portinho menyebutkan bahwa mata uang digital ini juga dapat membuka peluang bagi pemerintah daerah dan entitas negara lain untuk memiliki dompet crypto.

Dengan peluncuran DREX, Brasil menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan teknologi terbaru dalam meningkatkan akses layanan keuangan bagi warganya. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, langkah ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi ekonomi dan masyarakat Brasil.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: